26.9 C
Jakarta
Kamis, April 22, 2021

Sulitnya Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19

Tantangan Pendidikan

Oleh : Eri Matriana Sari/Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

JURNALPOST – Pada dasarnya pendidikan merupakan hal yang penting untuk dilakukan dan diperhatikan pada masa pandemi sekarang ini, sebagaimana Pendidikan dituangkan dalam UU No 20. Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara.

Pandemi Covid-19 ini telah tersebar luas di Indonesia bahkan mendunia yang telah merubah tatanan kehidupan masyarakat. Keberadaan covid-19 membuat masyarakat untuk memberhentikan kegiatan aktivitas di luar rumah yang semestinya dilakukan seperti biasanya. Masyarakat harus menjagga jarak aman bahkan seperti orang asing.

Bukan hanya itu saja penerapan karantina dan isolasi mandiri yang telah dihimbau oleh pemerintaah membuat banyak hal yang terkena imbas, tentunya bukan hanya bidang pekerjaan saja melainkan bidang pendidikan juga terkena imbas dari hal tersebut sehingga mau tidak mau peserta didik harus belajar dari rumah. Kegiatan blajar dirumah membuat peserta didik dan para guru kehilangan kesempaatan untuk berinteraksi satu sama lain dalam menjalin hubungan social dan lain sebagainya.

Dengan adanya wabah yang melanda dunia khususnya di Indonesia ini masyarakat di himba agara melakukan segala kegiatan dengan menggunakan protokol kesehatan dan memaatuhi semua peraturan yang telah ditetapkan dan terus menjaga kesehatan. Dan dianjurkan untuk tetap berada dirumah ( stay at home), jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak, karena hal ini pemerintah juga menetaapkan agar supaya belajar dari rumah (daring).

Pada masa sekarang pendidikan sangat sulit dilakukan oleh para pelajar maupun pengaajar, pendidik (Guru) bagaimana tidak karena paada masa ini semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring yang menghubungkan ke jaringan smartphone atau yang lain sebagainya menggunakan suatu aplikasi yang dapat menghubungkaan antara peserta didik dan guru agar bisa bertatap muka secara tidak langsung untuk melakukan pembelajan.

Bagaimana tidak sulit bagi guru dan siswa contohnya pembelajaran pada tingkat SD kebanyakan anak-anak belum bahkan orang tuanya belum mampu untuk membeli smrtphone atau alat teknologi yang lainnya sehingga guru tidak daapat meberikan pelajaran pad anak tersebut dan anak tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran. Hal ini juga membuat guru daan para siswa harus bisa menggunakan teknologi yang begitu canggih pada zamannya seperti sekarang ini, disinilah kendala bagi mereka dalam melakukan pendidikan padaa msa pandemic apalgi merekaa berada di daserah yang akses internetnya kurang memadaki dan atau bahkan tidak ada akses internet sama sekali.

Oleh sebab itu dengan adanya program belajar daring (online) ini tidak harus terus menerus dilkukan karena di suatu daerah bisa saja dilakukan pertemuan satu kali dalam satu minggu dengan anjuran peserta didik di bagi jadwal untuk dating kesekolah sehingga mereka bisa mendapatkan sedikit banyaknya pendidikan karakter, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya meski hanya satukali dalam satu minggu. Mereka juga dapat mengetahui dan mengerti lebih baik lagi apa tujuan dari yang mereka pelajari tersebut. dengan tetap menggunakan dan memeprhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, bahkan sekolah juga bisa menyiapkan hal tersebut seperti tempat cuci tangan, dan diatur sebagaimana mungkin bisa dilaksanakan pembelajaran didalam kelas dengan jaga jarak.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.