24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Remaja dan Rokok

JURNALPOST – Rokok rupanya sudah menjadi barang terkenal di segala kalangan masyarakat, baik petani, pengusaha, artis, pegawai, dan berbagai lapisan masyarakat lainnya. Tidak jarang pula diantara mereka ada yang menjadi perokok aktif. Tidak hanya dikalangan para pekerja saja, ternyata rokok juga sangat terkenal di kalangan remaja. Namun, apakah anda memahami bagaimanakah remaja bisa mengenal rokok? Dan bagaimana pula dampak rokok bagi remaja?.

Remaja adalah anak yang berada pada usia 11 hingga 20 tahun. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Dalam masa peralihannya ini, remaja banyak sekali mengalami perubahan baik itu dalam aspek fisik maupun mentalnya. Secara fisik perubahan seorang remaja dapat terlihat yaitu semakin bertambahnya ukuran tulang-tulang yang ada dalam diri mereka, selain itu organ-organ reproduksi remaja juga sudah mulai berfungsi yang disebut dengan pubertas. Pubertas pada remaja laki-laki ditandai dengan adanya mimpi basah, sedangkan pada remaja perempuan ditandai dengan adanya menstruasi.

Masa remaja juga bisa disebut dengan masa coba-coba. Remaja memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar akan segala sesuatu. Masa coba-coba remaja ini biasanya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Misalnya saja, saat mereka melihat orang sekitar mereka merokok, maka dalam benak mereka bertanya bagaimanakah rasa rokok itu hingga ada banyak orang yang meyukainya?. Namun sayangnya, rasa ingin tahu akan rokok tersebut biasanya terhalang oleh larangan orang tua mereka untuk merokok karena menganggap jika usia mereka terlalu kecil untuk merasakan hal tersebut. Saat dilarang mereka semakin ingin tahu bagaimana rasanya merokok. Mereka pun bertanya-tanya kenapa saya tidak boleh sedangkan dia boleh? Hingga akhirnya terkadang ada anak yang nekat untuk mencoba rokok tersebut yang awalnya niat mereka hanya mencoba sekali saja, tetapi kenyataannya malah kecanduan.

Saat seorang remaja sudah dalam tahap kecanduan, maka mereka akan melakukan segala hal agar mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misalnya, saat mereka memiliki hasrat untuk merokot tapi mereka tidak memiliki cukup uang maka mereka bisa saja melakukan hal negatif seperti mencuri, dan memalak agar mereka bisa mendapatkan rokok. Selain itu, rasa kecanduan ini juga bisa mengubah pola pikir mereka yaitu mereka akan bisa mendapatkan banyak inspirasi saat mereka merokok, sehingga mereka bisa melakukan banyak hal dengan kegiatan merokok mereka. Para remaja yang merokok ini, biasanya tidak hanya malakukan kagiatan merokok saja. Namun, mereka akan berkumpul bersama teman-teman sebayanya. Dengan kelompoknya tersebut mereka bisa saja melakukan banyak hal yang negatif, seperti bolos sekolah, malas belajar, dan hal yang paling parah yang bisa mereka lakukan adalah mereka bisa saja terjangkit dalam kasus narkoba karena pergaulan mereka tersebut.

Para remaja ini hendaknya dijauhkan dari pengaruh rokok, karena selain merusak kesehatan rokok juga bisa merusak perilaku mereka. Bagi para orang tua yang melarang anaknya untuk merokok, hendaknya para orang tua ini juga memberikan contoh agar rasa ingin tahu remaja tidak semakin besar. Terapkanlah larangan tersebut pada diri anda terlebih dahulu baru kemudian anda bisa mengharapkan hal yang demikian ditiru dan dilakukan oleh anak anda. Masa remaja sebenarnya masa yang indah dan masa yang tepat untuk berproduktif karena remaja memiliki rasa ingin tahu yang besar. Dengan rasa ingin tahu tersebut remaja seharusnya bisa mengembangkan potensi dirinya dan mengaktualisasikan dirinya ke dalam hal-hal yang positif agar mereka bisa menjadi remaja dengan masa depan yaang indah.

Penulis: HAFIDHAN NAZAL/Mahasiswa Universitas Ttunojoyo Madura/Prodi Ilmu Komunikasi

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.