34.7 C
Jakarta
18, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterPsycological First Aid, Langkah Awal Atasi Masalah Mental

Psycological First Aid, Langkah Awal Atasi Masalah Mental

Semarang, Jurnalpost – Dalam rangka memperingati hari kesehatan mental sedunia, kelompok 81 KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo Semarang adakan Webinar “Mental Health Awareness : Psycological First Aid (PFA) Training” sebagai tema besar. Kegiatan ini berlangsung dengan menggandeng Ketua Tim Penggerak (TP) Magelang.

Dalam sambutannya sebagai Keynote Speaker, Christanti Zaenal Arifin menyampaikan tentang pentingnya memahami kesehatan mental dan erat kaitannya dengan pikiran positif.
“Menjaga kesehatan mental itu erat kaitannya dengan pikiran positif dan kemampuan mengolah rasa,” Ujarnya, Sabtu (10/10/2020).

Selain itu, narasumber utama Hikmatun Balighoh mengangkat Psychological First Aid (PFA) sebagai tema karena dianggap penting, terlebih selama pandemi berlangsung.
“PFA merupakan langkah awal dalam menangani kesehatan mental yang dapat dilakukan berbagai kalangan,” Jelasnya.

Lebih lanjut, psikolog klinis sekaligus dosen UIN Walisongo ini menyampaikan bahwa PFA dapat dilakukan oleh siapa saja.

” PFA bukanlah sebuah sesi tanya jawab, intervensi maupun konseling. Melainkan berupa pendampingan wajib dalam mendengarkan penyintas bicara,” Lanjutnya.
Akhir acara, ia menyampaikan harapannya tentang akan munculnya pemahaman baru bagi semua peserta yang mengikuti acara ini.

“Diharapkan dapat meningkatkan kewarasan kesehatan mental terlebih di era pandemi New Normal. Sebab PFA adalah cara tercepat dan terbaik yang dapat dilakukan siapa saja,” tutupnya.
Penulis: Mela Pauziah

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini