26.7 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterPeran PKK Dukuh Pakis Di Era New Normal

Peran PKK Dukuh Pakis Di Era New Normal

Tim abdimas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Oleh: Novia Ariyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

JURNALPOST – Covid 19 yang terjadi sekitar awal tahun 2020 sangat menguncang semua manusia di dunia. Dampak covid 19 begitu besar mengubah tatanan hidup manusia. Sudah banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Dampak covid 19 juga dirasakan di Surabaya terutama perekonomian warga di berbagai lini. Hal ini juga dirasakan oleh ibu-ibu di lingkungan kelurahan Dukuh Pakis Surabaya. Mayoritas ibu-ibu di RT 01 RW 01 hanya sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan pendapatan dari suami. Sedangkan sebagai ibu rumah tangga pada saat ini dituntut harus kreatif dan pintar untuk beradaptasi di masa pandemi.

Berdasarkan permasalahan tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dosen dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi yaitu melakukan pengabdian pada masyarakat berupa mengadakan pelatihan pembuatan masker inovatif tie die pada kelompok ibu-ibu PKK kelurahan Dukuh Pakis sebagai peluang usaha di masa pandemi. Adapun tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo adalah Novia Ariyanti, Cindy Cahyaning Astuti dan Rugaya Meis Andhiriani. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 5 Desember 2020 bertempat di Balai RT 01 RW 01 Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 10 orang yang merupakan anggota PKK RT 01 RW 01 Kelurahan Dukuh Pakis Surabaya.

Ibu-ibu PKK mewarnai masker dengan teknik tie dye
Ibu-ibu PKK mewarnai masker dengan teknik tie dye

Proses pelatihan masker tie dye ini diawali dengan sambutan hangat narasumber kepada ibu-ibu PKK yang langsung bertanya “ Bagaimana kabar ibu-ibu hari ini?” Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan penuh semangat. Hal ini menandakan antusiasme ibu-ibu dalam mengikuti pelatihan. Pada acara tersebut diawali dengan memerikan penjelasan awal mula covid 19, perkembangan covid di Indonesia dan Surabaya, gejala covid 19 dan mengedukasi ibu-ibu tentang slogan “Ingat Pesan Ibu” serta menggalakkan kembali 3 M yaitu Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan dan Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin. Sesuai dengan judul slogan “Ingat Pesan Ibu” mengajak ibu –ibu PKK untuk mengingatkan kembali kepada keluarga masing-masing dalam lingkup kecil betapa pentingnya 3M dilaksanakan. Sehingga diharapkan dari lingkup kecil yaitu keluarga akan berdampak besar bagi masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan peran seorang ibu yang sangat penting dalam keluarga.

Tim abdimas UMSIDA dan ibu-ibu PKK Dukuh Pakis
Tim abdimas UMSIDA dan ibu-ibu PKK Dukuh Pakis

Setelah itu acara berikutnya adalah ibu-ibu PKK diajak untuk berkreasi pada masker kain dengan menghias masker kain dengan teknik tie dye. Pelatihan masker tie dye ini dilaksanakan mengingat kebutuhan masker kain masyarakat sangat tinggi dan masker tie dye dapat menjadi suatu solusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Teknik tie dye adalah suatu teknik pewarnaan pada kain yang lagi trend saat ini. Sebelum dimulai pelatihan masker tie dye, tim terlebuh dahulu menyiapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Setiap peserta mendapatkan masing-masing 2 masker polos berwarna putih. Narasumber mendemostrasikan terlebih dahulu langkah-langkah pewarnaan masker dengan tie dye. Setelah itu ibu-ibu mengikuti sesuai yang didemostrasikan narasumber. Ibu-ibu sangat antusias dan senang selama pelatihan berlangsung. Di akhir acara ibu-ibu PKK menunjukkan hasil kreasi masker tie dye masing-masing.

Menurut ketua tim yaitu Novia Ariyanti, diharapkan dengan kegiatan ini dapat menekan penyebaran covid 19 di lingkungan Kelurahan Dukuh Pakis dan perekonomian keluarga dapat meningkat dengan masker tie dye sebagai salah satu peluang usaha di masa pandemi ini. Selain itu ibu-ibu dapat menjadi duta bagi keluarga masing-masing betapa pentingnya slogan “Ingat Pesan Ibu”.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini