27.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 17, 2021

Pentingnya Edukasi Protokol Kesehatan Saat Pilkada Serentak Serta Branding dan Pembukaan Sederhana Untuk UMKM

SURABAYA, JURNALPOST – Dalam bidang pendidikan, pada era new normal, sejumlah kegiatan di beberapa kampus mulai beradaptasi mengikuti gaya hidup dengan pola hidup sehat. Tidak terkecuali pada kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) yang telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring selama hampir satu tahun terakhir.

Termasuk pula kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan secara mandiri di wilayah domisili masing-masing mahasiswa guna mengikuti anjuran pemerintah sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kegiatan KKN pada periode ini terdiri dari tiga tema utama, yaitu : pemulihan pendidikan pada era new normal, pemulihan ekonomi pada era new normal, dan edukasi protokol kesehatan pada masyarakat di era new normal.

Ainnur Iqbal Ariyanto merupakan salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang melaksanakan program KKN secara mandiri di lingkungan tempat tinggalnya. Mahasiswa program studi Administrasi Bisnis ini melakukan program penyuluhan protokol kesehatan saat Pilkada serentak 2020 serta pelatihan branding dan pembukuan sederhana.

Melalui kegiatan KKN mandiri ini, mahasiswa ini berkesempatan dalam upaya membantu pemerintah mengedukasi masyarakat untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah RT 05 RW 06 Kelurahan, Kota Surabaya.

Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini berupa pemberian masker serta edukasi, yang meliputi wajibnya memakai masker saat mendatangi TPS, membawa alat tulis dari rumah, serta protokol kesehatan saat datang dan pergi dari TPS. Bantuan dan edukasi tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus saat pilkada serentak pada akhir tahun 2020 kemarin.

Tak hanya membantu dalam edukasi protokol kesehatan, mahasiswa ini juga melakukanupaya pengembangan UMKM milik Saiful anam “Anam Service” di daerah asalnya tepatnya di Kelurahan Bulak, Kota Surabaya. Pengembangan usaha tersebut berupa pemberian bimbingan dalam hal perancangan brand dan logo, pembuatan banner usaha, stiker dan kartu nama serta pelatihan pembukuan sederhana.

Bantuan dan bimbingan tersebut dilakukan agar jasa yang ditawarkan oleh Saiful Anam menjadi lebih berkembang dan lebih menarik. Di sisi lain, juga bertujuan agar pelaku wirausaha tertib dalam melakukan pencatatan keuangannya sehingga dapat terukur pengeluaran, pemasukan dan keuntungan yang diperoleh serta dapat mengetahui perkembangan usahanya. Hasil yang diperolehdari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pelaku wirausaha sehingga mampu meningkatkan penghasilan serta motivasi di dalam bekerja.

Penulis: Ainnur Iqbal Ariyanto/Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini