27.5 C
Jakarta
23, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterPelestarian Sumbersuko Forest Park Oleh Kelompok PMM UMM

Pelestarian Sumbersuko Forest Park Oleh Kelompok PMM UMM

JURNALPOST – Selama pandemik virus Corona-19 terjadi, tidak hanya sektor ekonomi saja yang mengalami dampak dengan melakukan pemberhentian sementara. Pada sektor pariwisata pun mengalami hal yang sama yaitu diberlakukannya pemberhentian operasional sementara. Hal ini juga terjadi pada Taman Wisata Sumbersuko Forest Park di desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, kabupaten Malang .

Taman wisata tersebut telah ditutup sementara untuk publik selama 6 bulan. Dampak dari penutupan ini adalah tidak terurusnya tanaman-tanaman, banyak tumbuhan liar yang tumbuh menutupi tumbuhan lain dan sampah yang menumpuk hingga mengeluarkan bau tak sedap. Maka dari itu kelompok PMM UMM 08 melakukan kegiatan pembersihan taman di Taman Wisata Sumbersuko Forest Park.

Kelompok PMM UMM 08 dalam melakukan pembersihan taman wisata dibantu oleh pengurus taman yaitu bapak Anwar. Beliau merasa terbantu dengan adanya kelompok PMM UMM 08 meskipun dengan jumlah orang yang sedikit, pasalnya beliau mengurus taman wisata tersebut seorang diri dan kadang dibantu oleh karang taruna setempat.

Kegiatan pembersihan dimulai dengan mengambil sampah yang berserakan dan membuang sampah yang menumpuk di beberapa tong sampah. Selanjutnya kelompom PMM dan pak Anwar membersihkan salah satu spot taman yang telah ditumbuhi tanaman liar, dengan mencabuti tanaman liar dan memperbaiki tanaman utama dengan yang baru atau dengan tanaman sejenis. Setelah semua selesai , pak Anwar mengajak untuk melakukan penanaman bibit pohon di sumber yang ada di dekat taman wisata. Dengan membawa 2 bibit pohon, penanaman dilakukan secara terpisah. Harapan dari ppembersihan taman dan penanaman bibit adalah agar lingkungan dapat lestari dan dapat diarasakan dalam jangka waktu panjang.

Penulis : Norma Dwi Miranda

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini