26.7 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterPeduli Kesehatan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Kegiatan PSN

Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Lakukan Kegiatan PSN

Karangmangu, Jurnalpost – Peduli akan Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) ke 75 UIN Walisongo kelompok 122 ikut serta lakukan kunjungan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ke setiap rumah warga di RW 03, Kelurahan Karangmangu, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas, Senin 16/11.

Kegiatan Jumat PSN ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kegiatan ini dihadiri Lurah desa Karangmangu bapak Suyoto, pihak puskesmas kecamatan Purwojati dan ibu PKK desa Karangmangu.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan dan penjelasan mengenai PSN oleh pihak puskesmas. Dilanjutkan dengan pembagian perwakilan RT dan RW yang akan melakukan pemeriksaan PSN dan diakhiri dengan pemeriksaan PSN dari rumah ke rumah.

Mengantisipasi penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang terkontaminasi oleh virus dangue semakin menyebar. Pemimpin kelurahan menggelar PSN dengan terjun langsung dari rumah ke rumah warga.

“Kegiatan kunjungan yang kami lakukan ini, sebagai bentuk usaha kita, agar warga itu terrhindar dari bahaya penyakit demam berdarah”.Ujar Lurah desa Karangmangu

Gerakan PSN ini digelar sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran nyamuk Aedes Aegypti, supaya tidak terbang dari tempat satu ke tempat lainnya. Pihak puskesmas mengungkapkan bahwa DBD merupakan penyakit yang gampang menyebar.

“Mengingat demam berdarah ini merupakan penyakit yang gampang menyebar, maka gerakan PSN ini harus dilakukan guna terhindarnya penyakit DBD. Kami juga menghimbau penampungan air warga rajin di kuras”. Tutur pihak puskesmas

Kegiatan PSN ini dilaksanakan secara rutin tiap satu minggu sekali oleh petugas PSN desa Karangmangu. Oleh karena itu, maka kondisi dari tiap rumah bisa diketahui dengan jelas.

“PSN dilakukan tiap satu minggu sekali dan nanti kami cacat di tabel apakah ada jentik-jentik nyamuk atau tidak di penampungan air warga”. Tutur petugas PSN desa Karangmangu

Setelah semua sudah selesai dicatat, berikutnya akan dilaporkan ke puskesmas purwojati untuk ditindak lanjuti. Jika ditemukan jentik nyamuk di penampungan air warga, maka dari pihak puskesmas akan meninjau langsung ke rumah tersebut untuk dilakaukan pencegahan.

Penulis : Eka Wahyu Rachmawati

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini