24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Peduli Covid-19: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Berbagi Masker di Taman Virgin, Tlogosari

JURNALPOST – Mahasiswa KKN UIN Walisongo yang tergabung dalam kelompok 71 melakukan kegiatan berbagi masker di Taman Virgin, Tlogosari kulon, Pedurungan, Semarang Minggu (11/10/2020). Kegiatan ini dilatarbelakangi karena masih banyak ditemuinya masyarakat di daerah tersebut yang belum menggunakan masker. padahal penggunaan masker merupakan salah satu cara yang efektif dalam pemutusan mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemilihan lokasi Taman Virgin, Tlogosari Kulon bukan tanpa alasan, menurut data dinas kesehatan Kota Semarang tanggal 10 Oktober 2020, kelurahan ini mencatat kasus positif tertinggi dibandingkan kelurahan-kelurahan lain dengan 18 kasus positif yang belum sembuh.
“Tlogosari Kulon merupakan kelurahan yang paling banyak kasus positif covid-19 dibandingkan kelurahan-kelurahan lain di Kota Semarang” tutur Umair selaku ketua koordinator kelompok 71

Kelompok 71 yang yang beranggotakan 15 orang yaitu: Umair, Sania, Ragilia, Tasya, Fidella, Yusrial, Dena, Rifqi, Vera, Anggita, Ossama, Deryl, Setya, Faridah, dan Melynda bergerak bersama-sama menyidak masyarakat yang belum memakai masker kemudian memberikan masker gratis sebagai bentuk partisipasi dalam pencegahan penyebaran virus covid-19.

Masker yang kelompok kami bagikan adalah masker 3 lapis yang sesuai standar dan memiliki daya keamanan yang baik. Hal ini sesuai dengan pesan salah satu tenaga kesehatan yang kami wawancarai, Aditya Serko Aji.

“Masker harus selalu digunakan untuk melindungi diri dari penyebaran covid-19. Sesuai anjuran Pemerintah masker kain yang digunakan bisa 2 lapis dan 3 lapis karena daya keamanannya lebih baik. Untuk masker scuba tidak dianjurkan karena bahanya elastis, sangat tipis dan sewaktu ditarik pori-pori akan terbuka. Untuk itu Pemerintah tidak menganjurkan penggunaannya. Jikalau berkeinginan memakai harus dilapisi kain di dalamnya”. Ujar Aditya

“Tanggapan masyarakat semuanya Alhamdulillah positif dengan kegiatan ini. Namun mereka malu menyebutkan nama mereka ketika saya bertanya”. Pungkas Vera

Sementara itu, Bapak Achmad Zuhrudin, M.S.I, selaku dosen pembimbing lapangan kelompok 71 memberikan pesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan masker tatkala keluar rumah guna memberantas penularan Covid-19 ini. Penggunaan masker tidak hanya bukti rasa sayang kita terhadap diri sendiri, namun juga bentuk rasa sayang kita terhadap orang lain.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.