26.2 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterMini Diseminasi Komputer dan Teknologi Informasi

Mini Diseminasi Komputer dan Teknologi Informasi

Mahasiswa PGSD Pangeran Dharma Kusuma Indramayu Sukses Selenggarakan Mini Diseminasi Komputer dan Teknologi Informasi 2022

JurnalPost.com – Menilik pentingnya teknologi khususnya teknologi digital di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan, Aan Yuliyanto, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Komputer dan Teknologi Informasi menciptakan inovasi pembelajaran melalui proyek online research untuk Mahasiswa Semester 2 Program Studi S-1 PGSD di STKIP Pangeran Dharma Kusuma, Segeran, Juntinyuat, Indramayu dengan topik utama hakikat, peran, manfaat, dan potensi TIK untuk anak SD.

Proyek Online Research ini dilaksanakan secara tatap muka di kelas dan asinkron melalui Google Classroom yang terintergrasi dengan Canva, video perkuliahan via YouTube dan Google Slides sebagai media Online Research. Dalam proses proyek online research ini dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama yaitu mencari sumber informasi terkait topik-topik yang sudah dibagikan pada setiap mahasiswa, tahap selanjutnya mahasiswa meresume beberapa informasi yang didapatkan dan menuangkannya dalam Google Slides. Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mendesain slide masing-masing dengan menambahkan Bitmoji dan gambar animasi lain yang sesuai. Tahap akhir adalah dilaksanakannya Mini Diseminasi, yaitu mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyajikan hasil online research-nya dihadapan peserta Mini Diseminasi secara virtual melalui Zoom dan live via YouTube pada hari Kamis 12 Mei 2022 Pukul 08.30-10.30 WIB.

Kegiatan Mini Diseminasi ini diikuti oleh 27 peserta yang berasal dari berbagai daerah, latar profesi dan instansi yang berbeda-beda. Di antaranya ada yang berasal dari Tasikmalaya, Sumedang, Garut, Cirebon, Majalengka, Cianjur, Cimahi, bahkan Aceh. Dengan mayoritas berprofesi sebagai mahasiswa program studi PGSD dari Kampus STKIP Padhaku dan UPI, guru SD, serta dosen.

Dalam sambutannya, Bapak Syukron Ma’mun, S.Sos., M.Sc. selaku Ketua Program Studi S-1 PGSD STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu menuturkan “5 kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa di era modern ini, diantaranya mahasiswa sebagai calon guru dituntut untuk dapat berpikir kritis, kreatif, inovatif, menguasai teknologi, dan mudah menjalin relasi. Anak-anak sekolah dasar lebih mudah mencerna pelajaran melalui visualisasi ketimbang hanya melalui ceramah saja. Oleh karena itu, mata kuliah Komputer dan Teknologi Informasi ini ada di kurikulum PGSD sebagai bekal mahasiswa agar dapat menguasai teknologi digital sebagai penunjang dalam proses pembelajaran” Tutur beliau. Tujuan dilaksanakannya mini diseminasi ini diharapkan menjadi ajang berbagi pengalaman belajar mahasiswa bersama bapak dan ibu guru serta rekan mahasiswa lain khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital di SD, sehingga permasalahan yang muncul di lapangan dapat ditemukan alternatif pemecahan masalahnya, tambah Aan Yuliyanto, M.Pd.

Dalam acara inti mini diseminasi ini tentunya terdapat pemaparan materi yang diisi oleh 6 mahasiswa dengan topik yang berbeda-beda. Setiap pemateri menampilkan Google Slides dari hasil online research-nya. Shadrina Afna Khairunnisa menjadi salah satu peserta yang bertanya mengenai cara mengatasi agar anak tidak kecanduan gadget. “Berikan pemahaman kepada anak bahwa bermain gadget secara berlebihan itu tidak baik, kemudian terapkan aturan atau membuat kesepakatan dengan anak mengenai waktu bermain gadget. Atau bisa alihkan perhatian anak dengan memberikan mainan yang lain, atau sibukkan anak dengan hobi baru.” Ucap Fatur dan Rafsal sebagai pemateri.

Di akhir, semua peserta memberikan kesan dan pesan terhadap acara mini diseminasi ini. Tak disangka, acara ini mendapat respon yang sangat positif bahkan tak sedikit yang menginginkan diseminasi atau seminar berikutnya. Novi Hidayati, M.Pd. yang merupakan seorang Guru dari Cirebon mengatakan “Luar biasa karena acara ini dapat dijadikan wadah untuk mahasiswa dalam menuangkan ide-idenya.” Bahkan Rolita Purnamasari, S.Pd. yang juga seorang Guru SD asal Garut mengharapkan adanya seminar lanjutan dengan tema lainnya. Luaran dari acara ini adalah diharapkan dapat melatih mental mahasiswa dan memiliki kemampuan public speaking untuk mampu membagikan pengalaman belajarnya dibangku kuliah kepada khayalak umum mengenai teknologi digital untuk anak sekolah dasar.

Penulis: Krisnawati (2022)/ STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini