26.9 C
Jakarta
Kamis, April 22, 2021

Menyiram Pohon oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang sebagai Bentuk Peduli Lingkungan

Semarang – Kita tinggal di bumi ini hidup berdampingan dengan makhluk hidup lain, seperti hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lain di sekitar kita. Sebagai manusia harus sadar bahwa yang menempati bumi bukan hanya mereka, maka kita harus memperlakukan dengan sebaik-baiknya dalam arti peduli dengan lingkungan sekitar kita. Peduli lingkungan merupakan sebuah tindakan atau aktivitas untuk menjaga, merawat dan melindungi yang ada di dalam lingkungan tersebut, sehingga berdampak positif bagi kehidupan. Adapun kegiatan yang berkaitan dengan peduli lingkungan yaitu menyiram pohon.

Kami bergegas menuju lokasi untuk melakukan penyiraman pohon, kegiatan tersebut dilakukan anggota KKN MIT DR XI 2021 kelompok 25 UIN Walisongo Semarang, bernama Muhammad Ghozali beserta anggota lainnya. Lokasi KKN di Desa Gondoriyo, RT 04 RW 05, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan penyiraman pohon dilakukan pada hari Selasa (09/02/2021) dari pukul 08.00 s/d 11.00 WIB yang mana tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Alat yang digunakan untuk menyiram telah disiapkan, maka pada saat itu juga langsung menuju lokasi pohon yang perlu disiram. Pada hari itu cuaca sedang bersahabat, sehingga tidak menghalangi kegiatan tersebut dan berlangsung lancar.

Satu per satu pohon disiram sampai akhirnya semua pohon selesai disiram dan tidak ada satupun yang terlewat. Kegiatan peduli lingkungan seperti ini perlu dilestarikan dan memberikan contoh kepada generasi muda agar menyadarkan mereka mengenai pentingnya menjaga lingkungan, terutama pemuda dan pemudi di Desa Gondoriyo serta tidak hanya itu, diharapkan semua masyarakat ikut andil dalam kepedulian untuk menjaga dan merawat lingkungan, karena sebagian kerusakan lingkungan yang terjadi diakibatkan oleh ulah manusia.

Saya memberikan contoh kegiatan peduli lingkungan seperti ini agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa ditiru oleh seluruh warga.” kata Ghozali, sapaan akrabnya.

Sering ada berita yang disiarkan di televisi maupun media sosial tentang perusakan lingkungan, misalnya penebangan liar, pembakaran hutan, lahan perkebunan, ladang yang dilakukan secara sengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan menyiram pohon salah satunya merupakan aktivitas yang kecil, namun berdampak besar sehingga bermanfaat bagi makhluk hidup suatu saat nanti, seperti menyejukkan udara, mengurangi polusi, mencegah banjir dan lain-lain. Di samping itu, peduli lingkungan bisa menyelamatkan bumi dari bencana alam yang mana suatu saat menerjang wilayah masyarakat disekitar lokasi tersebut, sehingga hal ini harus di waspadai ketika pada saat musim-musim tertentu, agar selalu menjaga lingkungan dengan baik.

Semoga kegiatan ini bisa membawa perubahan kepada masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungan, terutama di sekitar tempat tinggal mereka, salah satunya menyiram pohon. Di harapkan pula dalam satu keluarga juga mempunyai sikap peduli khususnya terhadap lingkungan, sehingga hal ini berdampak baik bagi generasi selanjutnya.

Dalam dunia pendidikan juga harus dibiasakan untuk melakukan kegiatan peduli lingkungan sejak dini, hal ini akan berpengaruh pada kondisi lingkungan di masa yang akan datang. Penyiraman pohon jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan tumbuh besar dan tinggi, ketika pohon sudah menadi besar, akarnya kuat, daun – daunnya tumbuh lebat, maka ekosistem makhluk hidup disekitarnya tetap terjaga, selain itu juga memberikan manfaat yang signifikan bagi bumi dan seisinya. Hari menjelang siang, kami beristirahat sebentar di sekitar lokasi sambil menikmati bekal yang telah dibawa sebelumnya. Setelah sekian lama akhirnya kegiatan selesai, maka kami kembali ke kost dan melanjutkan aktivitas masing-masing.

Penulis :
Muhammad Ghozali – Mahasiswa Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang dan Anggota KKN MIT DR XI 2021 kelompok 25 UIN Walisongo Semarang.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.