24 C
Jakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Menanam, Desa Wonoplumbon Berikan Solusi Pangan Keluarga saat Pandemi



SEMARANG, JURNALPOST
– 15 oktober 2020, Pandemi covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek dan tatanan masyarakat, salah satu aspek yang tedampak adalah ketahanan pangan. Pangan memiliki arti yang penting bagi kehidupan suatu bangsa. Ketersediaan pangan yang lebih sedikit dari pada kebutuhannya dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekonomi, hal itu akan menjadi permasalahan baru bagi bangsa ini. Menjaga dan membuat ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19 saat ini menjadi hal utama yang harus diperhatikan dan dilakukan baik oleh pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

Menjawab persoalan dan kebutuhan akan ketersediaan pangan ditengah mewabahnya pandemi covid-19 saat ini, tentu peran sektor pertanian akan menjadi garda terdepan untuk memberikan jawaban. Salah satu cara menjaga ketahanan pangan yang bisa dilakukan oleh masyarakat yakni memanfaatkan halaman rumah menjadi lahan produktif dengan budidaya sayuran.

Dengan berkebun di halaman rumah menggunakan pollybag bisa menjadi solusi pangan keluarga, apalagi dengan sulitnya memperoleh sayuran yang sehat dan terasa aman dalam mengkonsumsinya. Sayur mayur yang dipanen dari hasil berkebun sendiri tentunya lebih higienis karena pemelihaan dan perawatan dari terjaga dari bahan-bahan kimia.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya dilakukan ketika pandemi saja, melainkan menjadi sebuah kebiasaan baru yang mampu membawa dampak positif di lingkungan masyarakat kelurahan Wonoplumbon, kecamatan mijen, kota Semarang.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 15 oktober 2020, kegiatan ini dilaksanakan sebagai rutinitas baru yang bisa dilakukan oleh setiap kepala keluarga, Sehingga mampu menguatkan ketahanan pangan dan meminimalisir anggaran biaya pengeluaran sehingga dana untuk membeli sayur-mayur bisa dialokasikan ke kebutuhan lain seperti membeli vitamin dan obat-obatan guna penguatan sistem imun sebagai upaya pencegahan virus Covid-19, upaya penanaman dilakukan bersama-sama dengan masyarakat seperti halnya sawi, kangkung, jahe, kunyit, lombok dan lain sebagainya, kegiatan penananman kami lakukan bertujuan memberikan sumbangsih kepada warga dan alam. “sebaik-baiknya inventasi adalah investasi alam” ujar bu dewi selaku ketua ibu PKK.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.