26.9 C
Jakarta
Kamis, April 22, 2021

Media Digital Sebagai Sarana Penyuluhan Pencegahan Dan Penggulangan Dampak COVID-19

(KKN Tematik PPD COVID-19 di Kp. Kara Desa Cileunyi Wetan)
Oleh Sindy Anggraeni/Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Jurnalpost – Pandemi COVID-19 masih menjadi suatu hal yang harus terus diwaspadai oreh masyarakat Indonesia maupun dunia.

Peningkatan jumlah kasus terpapar Virus COVID-19 kian hari masih terus bertambah. Upaya pemerintah masih terus dilakukan suspaya masyarakat sadar akan Kesehatan diri dan orang disekitarnya.

Di Era Kebiasaan baru ini beberapa sektor sudah mulai beroperasi membuka tempat usahanya seperti perkantoran, tempat wisata dan tempat umum lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari ekonomi Indonesia yang terpuruk akibat pandemi.

Walaupun sektor sektor umun sudah mulai dibuka hal tersebut tidak terlepas dari syarat di mana harus menerapkan protokol Kesehatan secara ketat sebagai bentuk pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19.

Beberapa sektor telah diizinkan beropresi sesuai denga ketentuan Kebiasaan baru, namun pada bidang pendidikan hasih belum diizinkan berjalan seperti biasa, di mana pembelajaran dari masih menjadi solusi disaat ini.
 
Pada Masa Pandemi COVID-19, Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengakat tema KKN Tematik Pencegahan Dan Penggulangan Dampak COVID-19 Di Bidang Pendidikan dan Ekonomi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN Tematik PPD COVID-19).

KKN ini dilaksanakan dengan tujan menguatakan, mendukung dan mengedukasi masyarakat tentang program pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 dibidang pendidikan dan ekomoni dengan merkolaborasi dengan pemerintah setempat, masyarakat dan elemen sekolah.

Adapun program dari kegiatan KKN Tematik PPD COVID-19 ini diantaranya program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan sebagai program wajib, program edukasi pencegahan covid-19  dan program edukasi penanggulangan damapak covid-19 di bidang ekonomi sebagai program pilihan.
 
Program KKN Tematik PPD COVID-19 saya laksanakan di Kp. Kara Rt 05 Rw 02 Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan SDN 7 Rancaekek yang berada di Jalan Pahlawan toha Desa Rancakek Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Adapun kegiatan yang saya lakuakan diantaranya melakukan pendamping pada guru, siswa dan orang tua SDN 7 Rancakek saat melaksanakan pembelajaran daring.

Pada kegiatan pendampingan ini memiliki kaitan satu sama lain karena saat saya melakukan pada orang tua dan siswa saya menemukan beberapa kendala yang dialami kemudia saya mendiskusikan hal tersebut dengan guru kelas yang bersangkutan sebagai perbaikan dalam pembelajaran.

Pembuatan media video damam menyampaikan pembelajaran menjadi salah satu cara menangani masalah yang dihapi karena orang tua kesulitan menjelaskan kempali pada anaknya mengenai materi yang guru berikan dan siswa yang mulai bosan saat melakukan pembelajaran dari. Dengan mengunakan video penbelajaran orangtua lebih mudah memahami dan siswa mulai tumbuh rasa tertarik untuk belajar.

Selain itu saya membantu administrasi guru seperti RPP, menyiapkan soal PAS dan membuat soal PAS dalam bentuk Google form. Sebagai bentuk edukasi penangualang COVID-19 di bidang pendidikan saya membuat video mengenai tips mendampingi anak belajar dirumah dan artikel berita mengenai kunci pembelajaran daring.
 
Pada program edukasi pencegahan COVID-19 saya membuat poster dan video sebagai bentuk ajakan dan penguatan bagi masyarakat mengenai Virus COVID-19 yang disebarkan melalui media sosial.

Adapun topik dari poster yang saya buat diantaranya protokol Kesehatan yang harus dipatuhi, gejala terpapar Virus COVID-19, menjaga kesehat mental ditengah pandemi, barang bawaan saat masa pandemi dan video yang saya buat mengenai hal yang harus diperhatikan saat bersepeda di masa pandemi. Selain itu saya juga membagikan masker dan handsanitizer sebagai ajakan untuk selalu berhati hati pada Virus COVID-19.

Pada kegiatan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang ekonomi saya membuat video edukasi yang disebarkan melalui media sosial mengenai ide usaha rumahan dan tips sebelum memulai usaha. Hal ini dilatar belakangi banyaknya penganguran akibat PHK pada masa pandemi ini dan kebutuhan ibu rumah tangga yang meningkat. 

Dari kegiatan yang saya lakukan tidak bisa dipungkiri bahwa media digital merupakan suatu alat yang dapat menyebar luaskan informasi dengan cepat apalagi di era digital seperti ini.

Maka media digital cocok sebagai alat untuk melakukan penyuluhan pencegah dan penaggulangan dampak dari COVID-19 baik di gunakan di bidang ekomoni ataupun pendidikan (pada saat pembelajaran daring). 

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.