27.5 C
Jakarta
24, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterMahasiswa UPI Kampus Purwakarta Lakukan KKN Tematik Secara Daring

Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta Lakukan KKN Tematik Secara Daring

JURNALPOST – Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan program wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan Studi S1. Akan tetapi dimasa Pandemi saat ini kegiatan KKN dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika ditahun-tahun sebelumnya KKN dapat dilakukan dengan mengumpulkan massa atau masyarakat, namun pada KKN tahun ini hanya dapat dilakukan secara daring. Cirebon, Jawa Barat (23/11/2020)

Ditengah pandemi Covid-19 Universitas Pendidikan Indonesia menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara individu di daerahnya masing-masing. KKN UPI 2020 ini tentu berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan KKN kali ini mahasiswa UPI diminta untuk melaksanakan program kerja secara mandiri dan mengabdi ditempat tinggalnya.

Bentuk program dan kegiatan yang dilaksanakan meliputi.

1. Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 dibidang Pendidikan
2. Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah (TK/PAUD s/d SMA/SMK) secara Daring
3. Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat secara daring
4. Program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang ekonomi.

Novi Nursela, salah satu Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta bergabung dalam kegiatan KKN covid gelombang II dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Ibu Jennyta Caturiasari, M.Pd. Kegiatan KKN dilaksanakan mulai tanggal 16 November 2020 sampai dengan 30 Desember 2020.

Lokasi KKN dilaksanakan di SDN 1 Guwa Kidul, Kaliwedi, Cirebon Jawa Barat. JL. P. Anggabaya No. 22, Guwa Kidul, Kaliwedi, Cirebon, Jawa Barat 45164. Novi Nursela berupaya melaksanakan kegiatan KKN program edukasi pencegahan Covid-19 dibidang pendidikan secara daring.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta tersebut memberikan sosialisasi edukasi pencegahan Covid-19 dibidang pendidikan melalui WhatsApp Group karena disaat pandemi seperti ini kita dilarang untuk berkumpul, dan SDN 1 Guwa Kidul melakukan pembelajaran secara daring. Diharapkan dengan adanya edukasi ini anak-anak untuk selalu mendisiplinkan diri mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

Selain kegiatan edukasi pencegahan Covid-19, melakukan kegiatan pemdampingan belajar siswa SD dan membantu guru membuat media pembelajaran secara daring. Kegiatan ini merupakan kegiatan KKN Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2020 Gelombang II.

Dengan adanya kegiatan KKN Tematik Covid-19 diharapkan siswa SDN 1 Guwa Kidul dapat meningkatkan upaya pencegahan dan penularan Covid-19. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan hasil kerja sama dengan Kepala Sekolah SDN 1 Guwa Kidul, Guru SDN 1 guwa Kidul dan Bimbingan dari DPL Ibu Jennyta Caturiasari, M.Pd.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini