27.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 17, 2021

Mahasiswa Untag Surabaya Membantu Memulai Usaha Clothing di Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19

Jurnalpost – Masa Pandemi COVID-19 sudah hampir satu tahun melanda Indonesia dan dunia. Dampak pandemi COVID-19 tidak hanya merugikan sektor kesehatan melainkan juga turut mempengaruhi sektor perekonomian.

Dalam situasi saat ini, usaha diberbagai sektor ekonomi sedang menghadapi krisis ekonomi yang dapat mengancam operasi dan kesehatan mereka, terutama di antara perusahaan kecil, sementara jutaan pekerja rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan serta mengalami PHK. Keadaan ini membuat semakin sulitnya mereka yang belum mempunyai pekerjaan untuk mencari kerja.

Pandemi COVID-19 juga mengganggu aktivitas Pendidikan yang ada di Indonesia termasuk Perguruan Tinggi dalam melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa kuliah kerja nyata atau KKN. Dimana KKN adalah salah satu syarat kewajiban yang harus dilakukan seluruh mahasiswa sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat.

Perguruan Tinggi memutuskan untuk tetap mengadakan kegian KKN dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah termasuk juga UNTAG Surabaya. Keputusan yang diambil UNTAG Surabaya adalah dengan mengadakannya KKN Mandiri di domisili masing-masing.

Kegiatan UNTAG Surabaya sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan yang lalu. Salah satu mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN adalah Guntur William Prayoga dari Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik. Kegitan KKN dilaksanakan di Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto yang juga merupakan domisili mahasiswa.

Setelah mendengar salah satu tetanganya yang mengeluh karena semakin bekurangnnya lapangan pekerjaan membuat Guntur berinisiatif untuk membantu memulai sebuah usaha dibidang clothing. Selain membantu memulai usaha, Guntur juga mengajarkan bagaimana cara melakukan pemasaran melalui media online.

“Karena seperti yang kita tahu media online sendiri memiliki pasar yag sangat besar dan pada era pandemi COVID-19 ini semakin banyak masyarakat yang membeli kebutuhannya melalui media online sebagai upaya untuk mengurangi interaksi langsung dengan orang lain.”

Kegiatan KKN yang dilakukan Guntur berlangsung selama 12 hari dan dalam 12 hari tersebut Guntur membantu dalam segala hal untuk memulai usaha clothing tersebut serta memberikan edukasi pemasaran melalui media online.

“Saya berharap dengan mulai berjalannya usaha ini dapat menjadi salah satu pemasukan ekonomi mitra dan kedepannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain, serta semoga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir karena kasihan banyak masyarakat yang terdapak baik itu secara ekonomi, kesehatan maupun Pendidikan. Aamiin.”

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini