27.4 C
Jakarta
Senin, Januari 18, 2021

Mahasiswa UNTAG Surabaya Melakukan Pemberdayaan UMKM Dengan Ide Menjual Bumbu Pecel Di Era Digital.

Surabaya, Jurnalpost – 11 Januari 2021, Muhammad Bima Eky Syahputra adalah salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Jl. Jambangan RT 2, RW 1 – Surabaya dengan dibimbing oleh Ibu Fitri Norhabiba,S.I.Kom,M.I.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan program kerja pemberdayaan UMKM melalui pemasaran digital melalui sosial media.

Pelaksanaan KKN yang sebelumnya dilaksanakan secara berkelompok sedangkan untuk tahun ini mahasiswa UNTAG Surabaya tetap melaksanakan KKN secara individu di wilayah domisili masing-masing dikarenakan adanya pandemic covid-19.

“Pada daerah ini terdapat warga yang ingin berjualan di kala pendemi ini, belum paham mengenai pemasaran melalui digital marketing, masyarakat di sini juga masih minim sekali pengetahuannya mengenai pengoperasian sosial media” Ujar Juli salah satu warga.

Dari hasil informasi yang didapat dari pemilik UMKM Angkringan, mahasiswi Universitas 17 Agustus Surabaya berinisiatif untuk melakukan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan pemasaran digital melalui sosial media dengan cara sosialisasi. Target sosialisasi ini tidak hanya warga yang sudah memiliki usaha saja melainkan seluruh warga yang memiliki UMKM di sekitar Kec. Jambangan. Surabaya.
Sosialisasi dilaksanakan selama 2 hari dan dilakukan secara tatap muka dengan membagi materi secara langsung dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan guna memutus rantai penyebaran covid-19.

Untuk pelaksanaan kegiatan pertama sosialisasi (9/01), pemateri memberikan materi bagaimana cara membuat serta mengoperasikan media sosial instagram sebagai media pemasaran. Pemateri memilih media sosial instagram sebagai media utama untuk promosi dikarenakan instagram dinilai jauh lebih efektif dalam pemasaran dibandingkan dengan media sosial lainnya. Sosial media instagram terbukti karena banyak kaum-kaum milenial yang menggunakannya.

Untuk pelaksanaan kegiatan di hari kedua (10/01), pemateri memberikan materi bagaimana cara efektif penggunaan media sosial instagram serta cara mengalih fungsikan akun pribadi menjadi akun bisnis. Selain melakukan sosialisasi bersama warga serta pelaku UMKM, Dan juga memberikan solusi serta inovasi dalam membuat bumbu untuk Publikasi ke instragam.

Harapan setelah terlaksananya kegiatan ini yaitu UMKM yang sedang dijalankan oleh Masyarakat menjadi lebih maju dan dapat berkembang dengan baik mengikuti perkembangan jaman. Seperti yang sudah diharapkan sebelumnya dan tentu saja agar dapat memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai kiat-kiat pemasaran di era digital terutama dengan menggunakan media sosial instagram.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini