28 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterMahasiswa KKN UPI Fasilitasi Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa di Desa Sendiri

Mahasiswa KKN UPI Fasilitasi Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa di Desa Sendiri

JURNALPOST – Pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup besar. Beberapa sektor terkena dampak akibah dari wabah pandemi covid-19 salah satunya adalah sektor Pendidikan. Untuk mengurang potensi penyebaran covid-19, sejak bulan Maret 2020 pemerintah menerapkan suatu kebijakan yaitu work from home (WFH) dan social distancing salah satunya menutup sekolah. Kebijakan lainnya adalah dengan menerapkan strategi belajar di rumah dan belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Banyak sarana yang pada akhirnya diterapkan oleh tenaga pendidik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh, sarana pembelajaran jarak jauh tersebut tidak dapat di hindari dari pekembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sarana pembelajaran tersebut salah satu contohnya yaitu whatsapp grup, google meet, google classroom, dan lain sebagainya.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sejak tanggal 17 November 2020 sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik di masa pandemi covid-19 adaptasi kebiasaan baru. Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing-masing dengan tetap mematuhi SOP covid-19.

Isma Inayah Nurfaujiah (21), merupakan salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus daerah Purwakarta melakukan kegiatan KKNT Covid-19 di daerahnya yaitu Kp Gombong Rt 04/05 Desa Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Salah satu program kegiatannya yaitu Pendampingan Pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar. Siswa yang didampingi adalah siswa kelas 5 dan kelas 6. Mereka di dampingi dalam proses pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran secara daring.

“Saya sangat senang di bimbing dalam pembelajaran daring dengan kakak, karena biasanya saya belajar sendiri membuat saya cepat bosan.” Ujar Najwa kelas 6.

Para orang tua pun sangat terbantu akan adanya program pendampingan belajar daring selama pandemic covid-19, karena tidak semua orang tua dapat membantu pembelajarn daring. Hal ini dipengaruhi karena orang tua sibuk bekerja, sehingga mereka tidak sempat untuk mengajari anaknya.

Dengan begitu, kegiatan KKN mahasiswa UPI saat ini sangat memfasilitasi pembelajaran daring siswa. Kegiatan pendampingan belajar ini sangat membantu baik bagi siswa dan juga orang tua siswa. Kegiatan ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 dan meringankan beban orang tua dalam membimbing anaknya belajar selama pandemi.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini