26.2 C
Jakarta
20, April, 2024
JurnalPost.comBeritaMahasiswa KKN Undip Melakukan sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Kulit...

Mahasiswa KKN Undip Melakukan sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Kulit Pisang

JurnalPost.com – Desa Sengare(20/01/2023) Kulit Pisang memiliki banyak kandungan zat dan manfaat bagi tanaman apabila di daur ulang menjadi pupuk organik cair, misalnya karena kulit pisang mengandung mengandung 42% kalium maka dapat memperkuat batang tanaman juga dapat melawan penyakit serta menyuburkan bunga dan buahbuahan pada tanaman. Terdapat potasium yang bisa membuat tanaman tahan terhadap kekeringan sehingga tanaman tidah mudah layu. Selain itu, menggunakan pupuk organik cair dari kulit pisang juga bermanfaat untuk menambah unsur hara dalam tanah, membantu mempercepat pertumbuhan akar, bunga serta pematangan biji atau batang.

Penggunaan Effective Microorganisme (EM4) dalam mempercepat pembuatan pupuk cair dianggap sebagai teknologi karena bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi. Effective Microorganisme merupakan kultur campuran berbagai jenis mikroorganisme yang bermanfaat (bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, ragi aktinomisetes dan jamur fermentasi) yang dapat meningkatkan keragaman mikroba tanah. Pemanfaatan EM4 dapat memperbaiki pertumbuhan dan hasil tanaman.

Pembuatan pupuk organik ini dibuat menggunakan gula pasir sebagai pengganti EM4. Gula pasir ini berfungsi sebagai pengganti karbohidrat bagi tumbuhan nantinya. Sosialisasi dan pembuatan pupuk ini dilakukan di Balai desa dengan ibu PKK. Menurut mereka ini sangat membantu, mengingat di desa Sengare banyaknya perkebunan pisang dan mereka juga tidak tahu akan dikemanakan kulit pisang tersebut selain diberikan untuk makanan kambing.

Pembuatan pupuk dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut:

1. Botol 250 Ml
2. Sendok
3. Mangkok
4. Kulit pisang
5. Pisau
6. Gula pasir
7. Air

Kemudian untuk pembuatannya sebagai berikut:

1. Larutkan 3 sendok gula pasir dengan air secukupnya
2. Kemudian masukan ke dalam botol
3. Potong kulit pisang menjadi kecil-kecil atau bisa juga meggunakan blender
4. Kemudian masukan kulit pisang yang telah dihancurkan ke dalam larutan gula
5. Kemudian tunggu 7-10 hari kedepan

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini