27.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 17, 2021

Mahasiswa KKN Tematik UPI Purwakarta Bantu Mengenalkan Teknologi Pembelajaran Daring Siswa SD

JURNALPOST – Sejak dua kasus Coronavirus Disease (Covid-19) pada bulan maret 2020 yang sudah menyebar ke wilayah Indonesia, jumlah kasus yang terus meningkat sehingga membuat seluruh perguruan tinggi memberlakukan sistem perkuliahan secara daring. Dalam laman resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) telah memberikan apresiasi atas kebijakan untuk mendukung perkuliahan secara online setelah adanya himbauan untuk memberhentikan perkuliahan secara tatap muka dikelas.

Namun adanya pandemi virus corona (covid-19) tidak menghalangi perguruan tinggi yang ada di jawa barat yaitu universitas pendidikan indonesia (UPI) untuk berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19 yang mewabah di masyarakat melalui kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tematik dilaksanakan secara online dengan menggunakan media sosial sebagai pelaksanaan program dan KKN ini bersifat individual.

Rini damayanti salah satu mahasiswa KKN UPI yang melaksanakan Kegiatan KKN berlangsung di RT 06 RW 02 Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Selama KKN mahasiswa bekerja sama dengan mitra guru MI serta ketua RT,RW, dan desa/kelurahan. Mahasiswa melaksanakan KKN selama 30 hari durasi 4 jam setiap harinya, KKN ini dilaksanakan dari tanggal 17 November 2020 hingga 17 Desember 2020 dengan bimbingan bu Jennyta Caturiasari, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan. KKN ini terfokus pada pendampingan serta edukasi pencegahan dan penganggulangan dampak covid-19 di daerah terkait. Adapun program kerja yang dilaksanakan pendampingan belajar, sosialisasi, membantu pendampingan ekonomi melalui media sosial dan edukasi pencegahan covid-19 yang telah disusun.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah pendampingan belajar serta membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran. Kemudian, sosialisasi tentang penguatan pembelajaran daring antara guru, siswa, dan oarang tua dengan membentuk kelompok diskusi bersama melalui media sosial poster, dan video tentang pencegahan Covid-19.

Selain itu Ada pula kegiatan edukasi mengenai cara pembuatan Alat pelindung Diri (APD) seperti masker, disinfektan, dan Handsanitizer yang dibuat dalam bentuk video lalu di sebar melalui media sosial (instagram,youtube, facebook,dll) serta meminta bantuan ke mitra yang terkait. Selanjutnya ada program kegiatan membantu pendampingan ekonomi masyarakat yang terdampak covid-19 melalui media sosial.

Dalam kegiatan edukasi ada yang cukup menarik dalam rangkaian KKN Tematik yaitu mengenalkan teknologi dalam pembelajaran daring. Seiring dengan perkembangan zaman teknologi kini semakin canggih, melihat situasi pandemi covid-19 pembelajaran harus tetap dilakukan dimanapun dan kapanpun agar siswa mendapatkan ilmu pelajaran. Dengan mengenalkan teknologi melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings yang bekerja sama antara, guru, siswa serta orang tua untuk mengawasi pembelajaran secara daring. saat ini Blended Learning, menjadi alternatif dalam dalam dunia pendidikan, dengan adanya wabah covid-19 guru diharapkan mampu menggunakan teknologi melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings sebagai sarana pembelajaran jarak jauh.

“Anak-anak sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran daring melalui Zoom Cloud Meetings diharapkan anak-anak dapat memahami materi sekaligus dapat mnegenal teknologi masa kini” ujar Ana Rohana selaku wali kelas 6 MI NU Karanganyar.

Dengan pengenalan teknologi melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran daring untuk melalukan pengajaran seperti layaknya di kelas sekaligus siswa dapat mengenal teknologi masa kini.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini