KKN UPI Kampus Purwakarta Dalam Mencegah COVID 19

Mahasiswa KKN UPI Purwakarta Membuat Masker Dari Kain Perca Guna Mencegah Penularan Covid 19
Oleh : Dwi Ajeng Puspitaningrum, November 19 2020

JURNALPOST – Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara memberikan dampak di berbagai aspek kehidupan. Aspek kehidupan yang terkena dampak pandemi Covid-19 yaitu di bidang pendidikan dan ekonomi masyarakat. Pemerintah melalukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020 agar kegiatan dapat berjalan seperti biasanya. Kebijakan ini merupakan adaptasi kebiasaan baru di bidang Pendidikan dalam masa pandemi Covid-19.

Dengan adanya Covid-19 ini rangkaian kegiatan belajar mengajar tidak efektif dan orang-orang yang bekerja pun sekarang menjadi susah. Banyak yang kehilangan pekerjaan sampai di PHK dan yang ingin mencari kerja pun sangat terbatas yang mengakibatkan ekonomi keluarga menjadi menurun. Maka dari itu untuk mengurangi penularan covid-19 masyarakat harus selalu mematuhi protokol kesehatan dimana pun dan kapan pun kita berada.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa.

Kegiatan KKN ini mengangkat judul “KKN Tematik Pencegahan dan Penganggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN Tematik Pdd Covid-10)” dengan tema Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19.

Pada tahun sebelumnya mahasiswa dapat terjun langsung ke masyarakat namun berbeda dengan tahun ini UPI hanya mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakannya dengan metode daring (Dalam Jaringan) di daerah tempat tinggal masing-masing secara individu terhitung mulai dari tanggal 16 November sampai dengan 30 Desember 2020 dengan tujuan dapat meningkatkan pentingnya pemahaman tentang pencegahan dan penanggulangan covid-19 melalui media social.

KKN dapat diikuti oleh mahasiswa UPI yang telah memenuhi syarat tertentu untuk mengikuti KKN ini. Pelaksanaanya dilakukan individu di wilayah tempat tinggal masing-masing, saya Dwi Ajeng sebagai salah satu anggota mahasiswa KKN UPI yang bertempat tinggal di wilayah Perum. Pondok Tanah Mas blok C19 No 1, Desa Wanasari Kec. Cibitung Kab. Bekasi Prov. Jawa Barat. KKN dilaksanakan dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan yaitu ibu Fitri Nuraeni, M.pd.

Dwi Ajeng, Mahasiswi KKN-T melaksanakan KKN-T di Desa Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi menyelenggarakan salah satu program yaitu mensosialisasikan pembuatan masker kepada masyarakat sekitar melalui Whatsapp grup. Dengan diadakan sosialisasi ini, membuat masyarakat lebih peduli dengan warga sekitar agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dimanapun anda berada. Karena apabila kita tidak mematuhi protokol kesehatan bisa terjadi adanya penyebaran virus tersebut.

Masyarakat mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UPI atas edukasinya dan telah melaksanakan KKN di lingkungannya. Dengan kegiatan ini saya berharap masyarakat sadar akan pentingnya memakai masker karena guna mencegah penularan Covid 19 dan agar tetap terjaga lingkungan yang aman dan kondusif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini