26.3 C
Jakarta
25, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterKKN Untag Surabaya Mandiri Dalam Pendampingan Pelaku UKM Guna Pemulihan Ekonomi

KKN Untag Surabaya Mandiri Dalam Pendampingan Pelaku UKM Guna Pemulihan Ekonomi

Jurnalpost – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945(Untag) Surabaya dilakukan secara mandiri di lingkup tempat tinggal mahasiswa. KKN secara mandiri ini diselenggarakan karena adanya pandemi yang masih berlangsung memaksakan Untag melakukan program kerja yang dilakukan secara mandiri guna meminimalisir adanya penyebaran virus yang sedang terjadi di 2020 ini.

Yayan Zhanuar adalah mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2017 yang mendedikasikan pengabdian di Perumahan Mondokan Sentosa RT.04 RW.06 Kabupaten Tuban. Dalam pengabdian ini Yayan melakukan program kerja yakni pendampingan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Tuban di era pandemi ini dengan fokus pada pemasaran online dan kualitas produk yang meningkat dari sebelumnya.

Di era pandemi ini dapat diketahui bahwa pelaku UKM mengalami kesusahan dikarenakan adanya penetapan jaga jarak dan persaingan yang semakin banyak setelah terjadi pandemi ini. “Saya mengalami ekonomi yang semakin sulit adanya pandemi ini karena saya kurang beradaptasi apalagi adanya corona ini” ujar Danies salah satu pelaku pelaku UKM di Tuban. Dalam hal ini maka Yayan selaku mahasiswa Untag akan melakukan pendampingan guna pemulihan ekonomi oleh pelaku UKM.

Dalam permasalahan tersebut maka hal yang akan dilakukan adalah dengan membuat identitas tempat usaha seperti logo untuk pelaku UKM yang diketahui berkelut tentang sebuah jasa sablon baju ini. Hal selanjutnya yaitu dengan menerapkan identitas tempat usaha didalam media banner, banner ini bertujuan agar khalayak mengetahui dan menanamkan kepada pemikiran masyarakat tentang suatu jasa tersebut. Setelah adanya identitas tempat usaha tersebut hal yang penting selanjutnya adalah memasarkan kepada khalayak salah satunya platform sosial media instagram. Didalam instagram ini guna menginformasi ke khalayak umum tentang jenis usaha dan agar tercapai informasi secara meluas dikarenakan diera pandemi ini sosial media adalah tempat paling efektif menyebar informasi.

Dalam pengabdian ini selain memasarkan melalui media sosial mahasiswa juga mendampingi dalam pembuatan tempat kemasan produk dari jasa sablon ini. Dalam kemasan produk ini dibuat semenarik mungkin dengan memberi sticker logo dari jasa sablon pelaku UKM dan memberi kartu ucapan terimakasih kedalam kemasan produk. Dengan pembuatan kemasan ini bertujuan agar menanamkan kepercayaan kepada konsumen tetntang jasa sablon ini dan menciptakan kesan yang positif guna kelangsungan pembelian jangka panjang.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini