27.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 17, 2021

KKN UIN Walisongo Bagikan Tempat Cuci Tangan di Mushola, Masjid, dan Sekolah-sekolah

JURNALPOST – Nazillatunni’mah, mahasiswi asal Kabupaten Semarang KKN RDR 75 UIN Walisongo kelompok 129, melakukan pencegahan covid-19 di Dusun Jimbaran Desa Gondoriyo, Bergas dengan membagikan tempat cuci tangan di tempat peribadahan dan sekolah-sekolah. Tidak hanya itu, mahasiswi KKN juga memberikan edukasi cara mencuci tangan yang benar dengan cara menempelkan poster-poster cuci tangan di tempat-tempat umum. Minggu (15/11/2020)

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19.
“Pembagian tempat cuci tangan di tempat peribadahan dan sekolah bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Dusun Jimbaran, selain itu memudahkan masyarakat untuk cuci tangan sebelum beribadah di mushola/masjid,” terang Nazilla.

Cuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan 3M yang diwajibkan Satgas Covid19 untuk diterapkan demi mencegah penularan Covid-19. Pentingnya cuci tangan yang benar menjadi kunci dalam menekan angka kasus positif dan penularan Covid-19 di masyarakat.

Virus akan mati dengan sabun dan air mengalir. Lakukan 6 langkah cuci tangan dengan benar, yaitu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Fakta di lapangan banyak ditemukan masyarakat yang belum sadar akan pentingnya cuci tangan sebagai langkah pencegahan covid 19.

Salah satu masyakat warga sekitar bernama Pak Jaeni mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Pak Jaeni juga mengungkapkan rasa senangnya dengan kegiatan ini.
“Alhamdulillah, terima kasih untuk bantuan tempat cuci tangannya. Bapak senang kalau ada masyarakat yang saling membantu. Tidak hanya menyuruh masyarakat untuk sering-sering cuci tangan, tetapi juga memberikan bantuan,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Pak Ahmad selaku kepala Dusun Jimbaran mengucapkan terima kasih dan menyambut positif kegiatan sosialisasi dan pemberian bantuan ini.
“Terima kasih dek, semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh untuk masyarakat lainnya dalam menyosialisasikan protokol kesehatan lebih luas dan banyak masyarakat sadar akan pentingnya pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Pencegahan Covid-19 akan sangat efektif apabila masyarakat luas secara bersama-sama mematuhi protokol kesehatan dengan benar dalam beraktivitas di luar rumah. Hal ini dapat dimulai dari menumbuhkan kesadaran masyarakat luas.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini