27.7 C
Jakarta
Minggu, Januari 17, 2021

KKN UIN Walisongo Ajak Warga Budidaya Tanamam Toga

Jurnalpost – Memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah, mahasiswa KKN RDR ( Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, mengajak masyarakat di RT 03 RW 06 Dusun Tegalpare Kelurahan Wringinputih Kecamatan Muncar, menanam dan membudidayakan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Penanaman dilakukan di lahan milik salah satu warga, Suparjo. Para masyarakat dan mahasiswa gotong royong untuk membersihkan dan penanaman Tanaman Toga. Beberapa tanaman toga yang ditanam anatara lain: kunyit, jahe, sirih, kencur, lengkuas,
Manfaat kunyit sendiri untuk Menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah adalah dengan meminum airnya yang didapat dari memarut kunyit kemudian ambil sarinya berupa air.

Jahe bisa membantu untuk mengatasi, masuk angin, batuk, dan melegakkan nafas dengan cara menumbuk tidak terlalu harus kemudian diseduh dengan air panas dan tunggu mengendap. Minum selagi masih hangat.

Sirih bisa mengatasi bau badan dengan cara merebus 5 lembar daun sirih dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 2 gelas saja. Kemudian minum ramuan tersebut diwaktu siang hari cukup 1 kali saja salam sehari.

Lengkuas untuk Menjadikannya sebagai bahan bumbu masakan adalah cara efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit atau dengan merebus 3 ruas lengkuas yang sudah diiris tipis-tipis dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1/2 gelas air. Minum air rebusan diwaktu pagi sebelum sarapan.
Sementara itu, Bapak Suparjo warga RT 03 RW 06 dusun Tegalpare mengatakan jika selama ini lahan tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga hanya dibiarkan dan akhirnya ditumbuhi oleh rumput liar.

“Selama ini lahan kosong, hanya ditumbuhi banyak rumput liar, dengan ditanami tanaman toga semoga jadi lebih bermanfaat,” katanya.

“Lahan saya kosong daripada hanya ditumbuhi rumput liar lebih baik digunakan lebih bermanfaat seperti tanaman toga” ujar Bapak Suparjo selaku pemilik lahan.

Penulis: Shintia Ezza Awwaliyyah

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini