26.1 C
Jakarta
19, April, 2024
JurnalPost.comCitizen ReporterKKN MIT DR-11 Walisongo Semarang Ajak Warga Melakukan Penanaman Apotik Hidup

KKN MIT DR-11 Walisongo Semarang Ajak Warga Melakukan Penanaman Apotik Hidup

JURNALPOST – Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang mengikuti program KKN MIT DR-11(Kuliah Kerja Nyata Inisiatif Terprogram Dari Rumah)yang dilaksanakan pada tanggal 05 Janurari-18 Februari 2021 di daerah asal masing-masing mahasiswa.

KKN(Kuliah Kerja Nyata)merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di Perguruan Tinggi dan diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Dengan memenuhi protokol kesehatan, program KKN MIT DR-11 ini memadukan model KKN RD dengan kegiatan kemasyarakatan berbasis RT/RW/Kelurahan di tempat tinggal mahasiswa.Meski pendemi covid 19,tetap akan melahirkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan berkualitas.

Atas bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan(DPL)Kelompok 75 yaitu Bapak Saefudin Ahmad M.H. Mahasiswi UIN Walisongo Semarang yang bernama Risna Nida Framesty telah melaksanakan salah satu program kerja yang telah disusunnya. Salah satu program kerja yang disusun dan dilaksanakan yaitu Penanaman Apotik Hidup.

Apotik hidup adalah sebidang tanah yang ditanami berbagai tanaman yang memiliki khasiat obat.Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada disekitar rumah, mahasiswi KKN MIT DR-11 dan warga sekitar melakukan kegiatan penanaman apotik hidup. Penanaman dilakukan di lahan kosong milik salah satu warga yang bernama Ibu Yati. Warga dan mahasiswa gotong royong untuk menyiapkan semua peratalan,bahan dan membersihkan lahan kosong tersebut. Beberapa tanaman apotik hidup yang ditanam yaitu kunyit, jahe, cabe, daun bawang, sirih, daun pandan dan tomat.

Manfaat jahe selain sebagai bumbu masak, jahe juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan,bagian tanaman jahe yang digunakanan adalah rimpangnya. Cara penggunaannya bisa dengan diminum atau dijadikan obat gosok. Khasiat jahe, antara lain untuk mengobati alergi, mulas, nyeri punggung dan keseleo.

Kunyit, bagian tanaman kunyit yang digunakanan adalah rimpangnya. Kunyit dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya Diabetes Melitus, Tifus, Usus buntu dan Disentri. Selain itu, kunyit bisa dikonsumsi untuk anak-anak secara rutin yang memiliki manfaat meningkatkan nafsu makan.

Sirih memiliki manfaat dalam pengobatan seperti menghilangkan bau badan, mimisan, pembersih mata yang gatal atau merah, koreng atau gatal-gatal, obat sariawan, air rebusan daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut jika dikumur-kumur.

“Sudah lama lahan ini kosong, saya bingung mau digunakan untuk apa. Dengan adanya program penanaman apotik hidup dari mahasiswa Uin Walisongo Semarang semoga lahan kosong ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan tanaman tumbuh dengan subur”Ujar Ibu Yati, Selaku pemilik lahan.

Penulis : Risna Nida Framesty

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini