27.4 C
Jakarta
Sabtu, Februari 27, 2021

Kerja Bakti Lingkungan dan Penanaman Tumbuhan Herbal pada Media Pot Sulusi Lahan Sempit

Penulis: Widiya Waras Lati/Prodi Ilmu Hukum/Fakultas Syariah dan Hukum/UIN WALISONGO SEMARANG/KELOMPOK 75 KKN MIT-DR KE 11

JURNALPOST – Cikarang Utara, Kab. Bekasi, Jawa Barat Sabtu, 16 Januari 2021 Dalam melaksanakan kegiatan program kerja individu KKN MIT-DR 11 saya Widiya Waras Lati anggota kelompok 75 di KKN MIT-DR 11 UIN WALISONGO SEMARANG, melakukan kegiatan keja bakti dan penanaman tumbuhan pada media pot sebagai solusi untuk lahan sempit di perumahan. Saya melakukan kegiatan ini di sekitar rumah yang berada di Perumahan Sukaraya Indah Rt 006/Rw 007, Kec. Karang Bahagia, Desa. Sukaraya, Kab. Bekasi, Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan kegiatannya saya melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar rumah bersama para tetangga sekitar yautu mulai dari pembersihan saluran air agar tidak tersumbat yang dapat menyebabkan banjir nantinya. Dalam pelaksanaan kerja bakti saya ikut membantu menyau rumput-rumpt yang sudah di potong, lalu membuang sampah dan memililah sampah organik dan non organic agar dapat lebh mudah di proses dan nantinya sampah-sampah palstik dapat di sumbangkan ke bank sampah yang ada di daerah saya.

Selanjutnya kegiatan penanaman tumbuhan di media pot, kegiatan ini saya peruntukan untuk tetangga sekitar rumah agar dapat bercocok tanam walaupun lahan sempit di daerah perumahan yang biasanya tidak memiliki cukup lahan untuk menanam tanaman. Dalam kegiatan penanaman ini alat-alat yang di butuhkan cukup gamapang yaitu berupa tanaman, pot ukuran sedang, dan medi tanam (campuran pupuk, tanah, dan sekang). Di sini saya membagikan tanaman kepada tetangga dengan jumlah 10 pot tanaman dan tanggapan mereka pun sangat mendukung kegiatan individu KKN MIT-DR 11 ini.

Manfaat dari penanaman ini yaitu tumbuhan tersebut dapat mengahasilkan oksigen untuk kita dan menghirup karbo dioksida dari kita sehingga sangat bagus sekali untuk kita. Saya juga menyampaikan pesan kepada tetangga sekitar yang saya bagikan tanaman herbal ini agar di rawat dengan baik supaya tetap sehat dan nantinya tanaman herbal ini memberikan manfaatnya kepada kita kelak.

Harapan saya dalam melakukan kegiatan kerja bakti bersama dan penanaman tanaman herbal pada media pot yaitu supaya warga sekitar termotivasi dan ikut selalu menjaga ingkuan sekitar rumah karna kebersihan itu sebagian dari iman, jika lingkungan kita bersih dan terawat pasti akan terhindar dari berbagai penyakit. Khususnya dalam situasi pandemic covid 19 ini kita di upaya agar selalu menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih dan sehat. Semoga apa yang sudah saya lakukan bermanfaat untuk bnayak orang.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini