32 C
Jakarta
25, April, 2024
JurnalPost.comPendidikanKegiatan PKM UNJ melalui Webinar Pembuatan Website Sebagai Media Pembelajaran E-Learning bagi...

Kegiatan PKM UNJ melalui Webinar Pembuatan Website Sebagai Media Pembelajaran E-Learning bagi Guru

Pembelajaran E-Learning bagi Guru

JURNALPOST – Kondisi Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia termasuk Indonesia memaksa pemerintah baik pusat maupun daerah harus mengeluarkan kebijakan bahwa pembelajaran baik pada Pendidikan dasar, menengah bahkan di Pergruan Tinggi harus dilakukan secara daring atau online. Namun persoalannya menunjukkan bahwa tidak semua guru siap dan memiliki kemampuan dalam memanfaatkan kemajuan IPTEKS yang sangat beragam untuk melakukan pembelajaran jarak jauh tersebut secara efesien dan efektif.

Melihat hal tersebut Universitas Negeri Jakarta melalui salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tingginya, melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitan dalam melakukan pembelajaran secara daring tersebut dengan kegiatan “Pembuatan Website Sebagai Media Pembelajaran Sebagai Media E-Learning Bagi Guru di DKI Jakarta”, sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan pembelajaran secara daring secara efesien dan efektif bagi peserta didiknya sehingga tujuan pembelajaran dapat terwujud, sebagaimana disampaikan Raharjo, S.Pd., M.Si. selaku ketua pelaksana bahwa “tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana guru memiliki pemahaman dan kemampuan dalam membuat sebuah website sebagai media pembelajaran e-learning, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 secara daring menggunakan Zoom Meeting dengan menghadirkan 3 narasumber yang ahli dalam bidangnya, yaitu Yuyus Kardiman, M.Pd. (Dosen Media Pembelajaran PPKN FIS UNJ), Hamidillah Adjie, M.T. (Dosen Fakultas Teknik UNJ), dan Naufal Ibu Salam (Programmer UPT TIK UNJ), Yuyus Kardiman, membawakan materi tentang bagaimana e-learning dimasa Pandemi, materi bagaimana Pembelajaran berbasis Web disampaikan oleh Hamidillah Adjie, dan Naufal Ibnu memaparkan bagaimana aplikasi lagkah demi langkah membuat sebuah website sebagai media pembelajaran e-learning. Kegiatan diikti secara antusias oleh 57 peserta, baik dari guru pendidikan dasar maupun Pendidikan menengah yang berada di DKI Jakarta, Bekasi.

Pelatihan pembuatan website ini mendapat sambutan dan komentar yang positif dari peserta sebagaimana disampaikan salah satu peserta dari SMPN 247 Jakarta Suhernah, S.Pd. bahwa “penyampaian materi oleh narasumber sangat baik, materi sangat penting dan akan berusaha mempraktekkan membuat website yang baik”. Bahkan salah satu peserta Maharani berkomentar bahwa “webinar seperti ini agar berkelanjutan diadakan untuk dapat mengupgrade keterampilan para tenaga pendidik dalam memfasilitasi PJJ khususnya selama masa pandemi ini”.

Adanya pelatihan pembuatan website ini Bapak/ibu guru diharapkan dapat membuat sebuah website yang efesien dan efektif yang dapat digunakan sebagai media pembelejaran e-learning, yang pada akhirnya peserta didik dapat belajar dengan baik di tengah-tengah wabah Pandemi Covid-19 ini.

Rekomendasi untuk anda

Jangan Lewatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini