29.8 C
Jakarta
Sabtu, Januari 16, 2021

Inovasi Pembelajaran Daring Bagi Guru dan Peserta Didik Pada Masa Pandemi

Karawang, Jurnalpost – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang bertujuan memberikan pengalaman dan pengabdian masyarakat kepada mahasiswa. Melihat situasi sekarang dengan adanya wabah virus covid-19 ini, Universitas Pendidikan Indonesia melakukan penyesuaian, KKN kali ini dilakukan secara daring dan dilaksanakan pada tanggal 17 November hingga 17 Desember mendatang dengan sasaran 2 Guru, 10 peserta didik dan 10 orang tua, dan dilakukan secara individu.

Di masa pandemi covid-19 saat ini banyak faktor penyebab kerugian di berbagai aspek kehidupan manusia, khususnya pada bidang pendidikan. Salah satu dampak negatif dari Covid-19 adalah terhambatnya kegiatan belajar mengajar, proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka atau bertemu secara langsung dikelas kemudian harus dilakukan secara daring atau secara online.
Pemberlakuan sistem belajar mengajar secara online ini, tentu saja membuat sebagian besar tenaga pendidik kaget dan belum siap dengan sistem baru tersebut, maka diperlukan sosialisasi pengetahuan dan penguasaan teknologi yang memadai, faktanya belum semua guru terutama guru generasi 80-an yang pada masa tersebut penggunaan teknologi masih belum begitu nampak.

Salah satu Sekolah Dasar yang masih belum menggunakan media pembelajaran online secara maksimal yaitu SDN Cicinde Utara 1 yang berada Kecamatan Banyusari kabupaten Karawang, dalam kesehariannya antara guru dan siswa hanya berinteraksi menggunakan Grup whatsapp (WAG) dalam menyampaikan tugas-tugas sekolah dan materi-materi sekolah baik berupa video ataupun link-link youtube kepada anak didiknya. Dengan sistem belajar seperti ini tentunya peran wali murid sangat diperlukan untuk menunjang dan mendukung suksesnya proses belajar mengajar tersebut.

Berdasarkan situasi dan kondisi tersebut salah seorang mahasiswa KKN Tematik PPD Univeritas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta yang melakukan KKN di Kabupaten Karawang tepatnya di Desa Cicinde, Kecamatan Banyusari, yaitu Nursela Dian Patimah (21) memberikan sebuah solusi supaya sistem belajar mengajar menjadi lebih maksimal yaitu dengan menggunakan media yang lebih efektif, seperti aplikasi Zoom Cloud Meeting dan Google Clas Room

“Aplikasi Zoom Cloud Meeting ini dinilai sebagai media yang cukup efektif dalam menyampaikan sebuah materi, karena antara guru dan murid dapat saling bertatap muka secara daring atau online, selain itu dalam aplikasi Media ini juga bisa mempresentasikan file materi kepada partisipan lainnya, sehingga guru-guru dapat menjelaskan materi lebih mendalam kepada murid-muridnya”. Ujar Sela kepada awak media, Senin (23/11/2020).

Menurutnya, ia akan melakukan pelatihan penggunaan zoom cloud meeting pada 3 orang guru yang merupakan wali kelas 5 A, B, dan C SD Negeri Cicinde melalui video tutorial yang telah ia buat dan di sebarkan di Group WhatsApp Kelas.

“Video tersebut terdiri dari cara menginstal hingga login aplikasi Zoom Cloud Meeting beserta konfigurasi-konfigurasi yang diperlukan, dan juga pelatihan mengenai cara menjadi host atau orang pertama yang mengadakan video conference yang nantinya bertugas untuk mengundang peserta lain agar bisa ikut meeting online”. Jelas Sela.

Adanya pelatihan ini tentunya dapat memberikan sebuah ilmu baru bagi ketiga guru tersebut mengenai bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Zoom Cloud Meeting tersebut, dapat terlihat dengan antusiasnya para guru dan menuculnya beberapa pertanyaan dari para guru terkait pengoperasian Zoom Cloud Meeting tersebut.

Setelah pelatihan pengoperasian Zoom Cloud Meeting, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan Google Class Room yaitu membuat kelas dan cara mengupload tugas dan materi yang dilakukan oleh para guru. Kedua aplikasi tersebut sangat diterima oleh guru-guru karena kedua aplikasi tersebut memiliki kegunaan saling berhubungan dan berkesinambungan.

Hasil evaluasi selama pelatihan ini adalah terkendala dari ketersediaan teknologi karena hampir semua siswa tidak memiliki handphone, sehingga diperlukan peran wali murid untuk membelikan atau meminjamkan handphone yang dimiliki kepada anaknya untuk menunjang dan melancarkan kegiatan proses belajar mengajar secara daring atau online ini.

Nursela Dian Patimah merupakan salah satu anggota kdari kelomlok 1 KKNT PPD UPI PURWAKARTA 2020 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dewi Indriati Hadi Puteri, S. Pd

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini