26.9 C
Jakarta
Kamis, April 22, 2021

Edukasi Lingkungan menjadi salah satu Program Bina Desa Mahasiswa Tematik Fakultas Kehutanan UNHAS

JURNALPOST – Sebagai rangkaian Dies Natalis ke-14 Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin menggelar Program Bina Desa Mahasiswa Tematik yang diselenggarakan di Aula Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sabtu (6/3/2021).

Kegiatan diawali oleh laporan ketua panitia, Munajat Nursaputra, S.Hut., M.Sc. yang melaporkan bahwa penyelenggaran kegiatan ini dihadiri oleh para kepala desa dan tokoh masyarakat di desa-desa penyangga kawasan hutan pendidikan yang meliputi Desa Limapoccoe, Desa Labuaja, dan Desa Rompegading, serta juga mengundang siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di sekitar kawasan hutan pendidikan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Dr. A. Mujetahid, S.Hut., M.P. Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Kehutanan menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat yang ada di Hutan Pendidikan.

“Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar Hutan Pendidikan UNHAS bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar dan pelatihan dengan melibatkan masyarakat yang ada disekitar Hutan Pendidikan, selain itu mahasiswa bisa menjalankan program-program yang mampu mensejahterakan masyarakat”, kata Dr. A. Mujetahid

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Dr. Astuti Arif, S.Hut., M.Si dalam sambutannya juga menambahkan bahwa program ini merupakan program yang rutin dilaksanakan oleh Kemahasiswaan Universitas dan Fakultas.

“Program Bina Desa rutin diselenggarakan setiap tahun, karena program ini merupakan program wajib bagi Kemahasiswaan Fakultas, namun tahun ini dirangkaikan dengan Dies Natalis Fakultas Kehutanan ke-14. Fakultas Kehutanan sebagai penyelenggara pendidikan tinggi senantiasa memiliki tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai korsa rimbawan, salah satunya melalui kegiatan pengabdian”, kata Dr. Astuti Arif.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana masyarakat di sekitar hutan pendidikan diberi edukasi pentingnya memelihara lingkungan, khususnya keberadaan hutan. Dan juga masyarakat diberi pengetahuan terkait pentingnya menanam tanaman yang yang dapat menghasilkan buah atau produk lainnya untuk meningkatkan perekonomian yang berkelanjutan (jangka panjang) khususnya ditengah kondisi pandemi Covid 19 ini, sehingga salah satu harapan program bina desa ini nantinya adalah akses dan okupasi masyarakat ke dalam hutan dapat diminimalkan. Selain berbagi pengetahuan, pada acara ini masyarakat juga dibagikan tanaman buah MPTS (Multi Purpuse Tree Spesies).

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.