27.4 C
Jakarta
Sabtu, Februari 27, 2021

Bencana Banjir Meliputi awal Tahun Kota Banjarmasin

Jurnalpost – Warga Kalimantan Selatan mengawali tahun dengan diselimuti musibah banjir. Hujan deras yang membasahi Kalimantan Selatan sejak kamis, 13 januari 2021 telah merendam sebagian besar daerah di Kalimantan Selatan. Menurut data dari BNPB sudah sebanyak 7 kabupaten yang telah merasakan dampak dari banjir tersebut.

Kepala pusat PNPB Raditya Jati melaporkan bedasarkan data pada 16 Januari 2021 kabupaten yang terdampak banjir diantaranya adalah Kabupaten Tabalog, Kota Banjar Baru, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tapin, Kabupaten Balangan, Kota Tanah Laut, dan Kabupaten Banjar.

17 Januari 2021, sebagian besar jalan utama Banjarmasin telah terendam oleh genangan air dengan ketinggian kurang lebih 20-30 cm. bahkan dibeberapa titik jalan, seperti di Pal 6 ketinggian air hampir mencapai lutut orang dewasa. Sebagian mobil dan kendaraan mengalami mogok mesin akibat tidak mampu melewati tingginya banjir yang meliputi wilayah tersebut.

Seperti yang dialami oleh Ernawati meskipun telah mengetahui tingginya banjir namun ia tetap harus berpergian karena keterbatasan stok persediaan makanan di rumah.
“Ya bagaimana lagi, kan gak tau tiba-tiba gini jadi ya mau gak mau tetap harus keluar harus beli stok makanan kalo gak nanti tambah susah” ucap Ernawati.

Bukan hanya di jalan raya, sebagian komplek di Banjarmasin juga merasakan imbas dari musibah banjir ini, Komplek siaga salah satunya. Banjir yang melanda komplek siaga telah memasuki kediaman warga sekitar.banjir yang mencapai lutut hingga paha orang dewasa ini membuat sebagian besar aktivitas warga terhambat.

Tingginya banjir membuat jalan di komplek ditutup untuk kedaraan bermotor dan juga mobil. Sebagian warga memilih mengungsi namun beberapa warga memilih tetap bertahan dikediamannya.

Sesuai dengan realitas media yang telah beredar belakangan ini yang membahas banjir yang melanda Kalimantan selatan kenyataannya memang benar banjir memang telah dirasakan sendiri oleh masyarakat yang ada di Kalimantan selatan salah satunya wilayah Banjarmasin dan mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. (Vina Gunawan, Fikom UC).

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini