32.7 C
Jakarta
Minggu, Februari 28, 2021

BELAJAR DI MASA PANDEMI DI RUMAH MASING MASING BUKAN JADI PENGHALANG MENURUNNYA MINAT MENGAJI

Jurnalpost – Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Mandiri dari Rumah (KKN DR KE 11) UIN Walisongo Semarang mengadakan bimbingan mengaji dengan murid TPQ Nuril Anwar yang dihadiri Guru TPQ Nuril Anwar pada Senin, Selasa, dan Rabu mulai 11 Januari 2021 – 17 Februari 2021 mulai dari pukul 15.30 hingga 16.30 WIB.

Fungsi bimbingan mengaji tersebut yakni tempat untuk mengasah kemampuan mengaji dan memberikan pengajaran mengenai kehidupan sosial agar terhindar dari penyimpangan perilaku sosial dengan bekal agama yang cukup.

Anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar TPQ banyak yang tidak ikut mengaji karena orang tua kurang mendukung. Sikap dari tiap orang tua itulah yang dapat memicu kurangnya ilmu agama pada anak. Dari permasalahan tersebut, pemerintah desa Jlegong dan peserta KKN kelompok 06 berinisiatif menghidupkan kegiatan mengaji dengan cara mengajak orang tua dan masyarakat sekitar untuk turut memajukan kegiatan mengaji di tengah kekhawatiran tertularnya virus Covid-19. Untuk menepis kekhawatiran warga, protokol kesehatan digalakkan dengan ketat selama proses kegiatan mengaji.

Setiap anak, peserta KKN dan guru yang mendampingi proses mengaji harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dan dengan adanya bimbingan mengaji ini bisa mencetak anak-anak yang bermoral, mengasah kemampuan mengaji, dan memberikan pengajaran mengenai kehidupan sosial agar terhindar dari penyimpangan perilaku sosial dengan bekal agama yang cukup.

Dari kegiatan ini, harapannya tidak ada lagi warga desa Jlegong maupun diluar desa Jlegong yang melarang anak untuk mengaji dengan alasan kekhawatiran akan paparan virus dimasa pandemic karena kegiatan mengaji akan tetap bisa berjalan secara optimal meskipun dimasa pandemic dengan mengikuti protokol kesehatan. Semoga kesadaran masyarakat terhadap bimbimngan mengaji sebagai bekal moral dan agama yang cukup dimana sangat penting bagi anak agar terhindar dari penyimpangan perilaku sosial semakin tinggi.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini