26.9 C
Jakarta
Kamis, April 22, 2021

Atasi Kejenuhan Anak di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN UMP di Desa Nusajati Adakan Lomba Kaligrafi

JURNALPOST – Minggu (28/2/2021). Satu tahun sudah, pandemi kita lewati dan selama itu pula segala kegiatan kita lakukan di rumah saja. Jenuh bukan lagi hal yang baru bagi orang – orang di seluruh penjuru negara, tak terkecuali dengan masyarakat di Desa Nusajati, kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Tidak hanya orang – orang dewasa yang mengalami kejenuhan, anak – anak di Desa ini pun turut mengalami hal yang sama. Bagaimana tidak , jika sebelum pandemi anak – anak bisa bebas bermain dan belajar di luar ruangan, sekarang semua kegiatan itu tak lagi dapat dilakukan.

Melihat kejenuhan yang dialami oleh anak – anak di Desa Nusajati, mahasiswa KKN dari Universitas Muhamadiyah Purwokerto angkatan 2017 ini pun berinisiatif untuk mengadakan lomba kaligrafi. Lomba kaligrafi dilaksanakan di Masjid Al Furqan pada hari Minggu 21 Februari 2021 sejak pukul 09.00 – 12.00 WIB. Antusias anak – anak di Desa ini pun cukup tinggi, ada sekitar 13 anak yang mendaftarkan diri untuk ikut perlombaan kaligrafi. Namun sangat disayangkan, tiga peserta tidak dapat hadir pada saat acara perlombaan berlangsung. Sehingga hanya sembilan peserta yang dapat mengikuti kegiatan perlombaan kaligrafi yang diadakan di masjid Al Furqan ini.

Perlombaan kaligrafi ini tak hanya dihadiri oleh para peserta KKN namun juga dihadiri oleh Ta’mir masjid yang berlaku sebagai juri dan beberapa anggota IRMAS sebagai panitia. Bapak Tohir (60), selaku Ta’mir Masjid Al Furqan menyambut baik acara perlombaan ini, menurut beliau acara perlombaan kaligrafi ini dapat menambah pengalaman anak – anak dalam menghadapi persaingan yang positif.

“ Saya menyambut baik acara lomba kaligrafi ini, lomba ini dapat dijadikan sarana anak – anak di desa Nusajati untuk menambah pengalaman”. kata Bapak Tohir pada saat acara perlombaan berlangsung.

Perlombaan kaligrafi ini berlangsung cukup seru, masing – masing anak asyik berkreasi dalam memainkan warna pada lembar kaligrafi yang disediakan oleh mahasiswa KKN UMP di Desa Nusajati. Ade Iswanto (21) selaku juri utama mengatakan bahwa penilaian lomba kaligrafi ini terdiri atas dua aspek yaitu kerapian dan perpaduan warna.

“ Lomba kaligrafi ini dinilai dari kerapian warna, ada yang bagus atau tidak. Perpaduan warnanya baik dan enak dilihat, lalu mewarnainya juga rata atau tidak”. Kata Ade Iswanto pada saat proses penilaian.

Kreativitas anak – anak di Desa Nusajati pada perlombaan kaligrafi ini cukup membuat para juri kebingungan pada proses penilaian. Hal ini di dukung pendapat dari Ade Iswanto (21), yang mengatakan bahwa anak – anak di Desa ini mewarnai kaligrafi dengan baik sehingga sulit menentukkan antara juara satu dan juara dua.

“ Sulit menentukan juara satu dan dua, anak – anak mewarnainya bagus – bagus. Jadi sulit membedakannya”. kata Ade Iswanto pada saat proses penilaian berlangsung.

Setelah melalui proses penilaian yang cukup sulit, tiga peserta akhirnya ditetapkan sebagai juara lomba kaligrafi ini. Juara satu diraih oleh Nadila Nirmala Syifa, juara dua diraih oleh Nada Alzeena Azelea, sedangkan juara tiga diraih oleh Aisha Aqeela Aliana. Bapak Tohir (60) yang juga berlaku sebagai juri pada perlombaan kaligrafi ini pun berkomentar bahwa anak – anak sudah dapat menempatkan warna sesuai dengan kreasi masing – masing.

“Hasilnya cukup bagus, anak sudah dapat menempatkan warna sesuai kreasi masing – masing dan hasilnya baik”, ujar pak Tohir pada saat acara penyerahan hadiah untuk para juara lomba kaligrafi.

Pada saat proses penyerahan hadiah, Mahasiswa KKN Universitas Muhamadiyah Purwokerto selaku penyelenggara tidak hanya memberikan hadiah untuk para juara lomba. Para peserta lomba yang tidak menjadi juara pun tetap mendapatkan sertifikat dan hadiah kecil, sehingga anak – anak di Desa Nusajati ini pun semuanya terlihat gembira. (Furi dan Tim KKN UMP Nusajati)

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Masuk

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Masuk

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.