27.4 C
Jakarta
Sabtu, Februari 27, 2021

ANALISIS AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI KEUANGAN PADA PT. MEGAHPUTRA SEJAHTERA MAKASSAR

Oleh: Nurfadilah Yusri (201710170311139)
Universitas Muhammadiyah Malang

Dalam era sekarang perkembangan baik pemerintahan negeri terutama pada perusahaan swasta menjadi hal yang sangat penting dalam mengukur frekuensi ekonomi suatu negara. Keuangan menjadi tulang punggung dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pegawai dan karyawan yang tidak dapat dielakkan lagi semakin lama semakin berkembang luas. Suatu hal yang tidak mudah untuk bisa bertahan terlebih lagi berkembang dalam pencapaian target-target tujuan yang telah direncanakan apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini.

Dalam rangka beroperasional dalam kegiatan secara profesional tentunya diperlukan manajemen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan kelangsungan hidup suatu instansi khususnya pada perusahaan PT. MegahPutra Sejahtera yang harus mampu membuat perencanaan dan mengambil kebijakankebijakan yang betul-betul mendukung dalam pencapaian tujuan organisasi.

Pada fungsi keuangan bagaimana manajemen keuangan mampu merancang perencanaan sematang mungkin baik jangka pendek maupun jangka panjang yang menjadi acuan bagi fungsi keuangan. Perencanaan yang dimaksud adalah semaksimal mungkin mendukung kegiatan fungsi –fungsi yang lain dan relevan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan.

Tidak sekedar perencanaan yang diharapkan tentunya dengan proses yang efisien efektif dan ekonomis. Akibat kejadian-kejadian tersebut, maka akan menjadi hal yang intensif untuk memotivasi akan perlunya diadakan audit manajemen atas suatu proses pemeriksaan secara sistematis yang dilaksanakan, untuk mendapatkan dan mengevaluasi bukti secara objektif atas prosedur dan kegiatan – kegiatan manajemen.

Evaluasi manajemen untuk melihat apakah operasi suatu perusahaan atas fungsi tertentu telah berjalan dengan efektif, efisien dan ekonomis serta sesuai dengan kebijakan dan peraturanperaturan yang telah ditetapkan atau simpelnya audit manajemen hadir untuk melihat kelemahan-kelemahan dalam operasi atau fungsi keuangan.

Untuk memecahkan permasalahan dan pembuktian atas hipotesis yang telah ditemukan sebelumnya maka metode analisis komparatif membandingkan kriteria dan standar yang digunakan dalam audit manajemen atas fungsi keuangan pada perusahaan PT. Megah Putra Sejahtera Makassar. Perusahaan PT. Megahputra Sejahtera merupakan suatu perusahaan swasta yang berbentuk badan hukum “ Perseroan Terbatas (PT)”. disamping bergerak dibidang industri pengolahan hasil-hasil pangan (Pabrik Mie) dan terdaftar sebagai anggota Asosiasi Eksportir Kopi, perusahaan yang berkantor pusat di Jalan Gunung Latimojong No.131 ini juga bergerak dibidang otomotif, yaitu sebagai Main Dealer ( Sales , Service, dan Spareparts ) atas kendaraan roda empat merk Suzuki untuk wilayah pemasaran Sulawesi Selatan dan Tenggara.

Lebih lanjut tentang pengalaman pasang surut kegiatan usaha yang dilihat UD. Megah pada tahun 1988 UD. Megah berubah bentuk badan hukum menjadi PT. Megahputera Sejahtera dan hingga kini seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka PT. Megah Putra Sejahtera semakin mengembangkan tingkat penjualan mobil dengan melakukan penjualan berbagai jenis/type mobil Suzuki dengan Maksud memenuhi kebutuhan pasar.

Struktur organisasi yang baik dapat menimbulkan suasana di mana kepuasan perseorangan dan kepurusan dapat terwujud sehingga mendorong kerjasama seta keinginan yang kompak dalam melakukan sesuatu tanpa perintah. Perusahaan adalah sebagai suatu system antara fungsi-fungsi yang didalamnya hanya dapat berjalan dengan baik apabila dalam perusahaan tersebut terdapat organisasi yang baik pula.

Dalam hubungannya dengan uraian di atas, maka perusahaan PT. Megah Putra Sejahtera, menggunakan system organisasi yang dianut adalah system organisasi line dimana kekuasaan dan tanggung jawab bercabang pada setiap tingkatan mulai dari pimpinan hingga kepada karyawan.

Berdasarkan metode analisis yang digunakan penulis maka hasil penelitian yang dilakukan paada PT. MegahPutra Sejahtera Makassar akan dipaparkan. Audit Manajemen atas fungsi keuangan yang dilakukan pada PT. Megah Putra Sejahtera Makassar berdasarkan sistem dan prosedur yang dilakukan beberapa tahap :

1. Formulir dan dokumen Yang digunakan :

a. Kwitansi; Kwitansi adalah bukti bahwa telah diterima sejumlah pembayaran, yang mana kwitansi ini merupakan dokumen dasar atau sumber untuk menertibkan bukti kas melalui bendahara atau bagian adminstrasi kantor.

b. Bukti Penerimaan Kas dan Bank; Bukti ini merupakan bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran yang dimasukan dalam laporan neraca.

c. Bukti Pengeluaran Kas dan Bank; Bukti ini merupakan bukti pembayaran dan pengeluaran uang yang dilakukan pihak staff dan pimpinan PT. Megahputra SejahteraMakassar baik untuk biaya langsung maupun tidak langsung dalam menjalankan kegiatan kantor dan pembayaran kewajiban – kewajiban (utang) kepada pihak –pihak tertentu (kreditur) sehubungan dengan kegiatan kantor.

d. Bukti Pembukuan Rupa – Rupa; Untuk melakukan penyesuaian pemakaian sesuai yang akan dibayar.

2. Perencanaan Kerja Bagian Keuangan (Adminstasi)

Bagian Keuangan (administrasi)pada PT. Megahputra Sejahtera Makassar pada dasarnya tidak mempunyai perencanaan kerja dan program tersendiri. Bagian Keuangan hanya menjalankan perencanaan dua program yang telah disiapkan dan kebijakan pihak kantor.

Evaluasi Manajemen terhadap fungsi keuangan pada PT. Megahputra Sejahteramempunyai dua tujuan yang objektif yaitu memeriksa dan mengevaluasi efektifitas bagian keuangan dalam pemberian pengarahan dan penelitian keuangan yang meliputi keseluruhan kegiatan organisasi termasuk pelaksanaan berbagai unit kerja pada PT Megahputra Sejahtera Makassar, dan untuk mengatur efisiensi dalam fungsi keuangan, akuntansi, anggaran, dan pedoman kebijaksanaan.

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini