27.4 C
Jakarta
Sabtu, Februari 27, 2021

5 Tahun Berlalu, Apa Kabar Relokasi Pasar Blimbing Kota Malang?

Jurnalpost – Pasar Blimbing kota Malang berdiri sejak tahun 1970 ini berlokasi di daerah JL. Borobudur, Kec. Blimbing, Kab. Malang. Pasar Blimbing ini juga berperan penting dalam menunjang pendapatan daerah hal ini dikarenakan pasar tradisional (Pasar Blimbing) merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Terhitung 5 tahun tempat relokasi Pasar Blimbing ini terbengkalai, mengapa di sebut demikian? Tempat relokasi yang berlokasi di jalan Tenaga Blimbing yang dulunya adalah Stadion Blimbing tersebut sampai sekarang masih belum ada kejelasan, relokasi tersebut telah dibangun sebagai tempat penampungan pedagang Pasar Blimbing, sedangkan Pasar Blimbing yang telah di duduki selama bertahun-tahun tersebut nantinya akan diubah menjadi Malang Trade Center (MTC).

Namun, relokasi Pasar Blimbing tersebut sampai sekarang masih belum ditempati oleh pedagang-pedagang, mengapa demikian?. Tempat relokasi yang memiliki dua bagian yaitu dengan sisi selatan terdapat los-los kosong dengan pembatas kawat ram, sedangkan di sisi utara tampak meja-meja yang berjajar berukuran 2 X 1 meter yang terbuat dari triplek triplek tersebut sampai sekarang masih belum ditempati .

Berbagai alasan dari pedagang-pedagang Pasar Blimbing mengapa sampai sekarang masih belum juga ditempati. Diantaranya yaitu tempat relokasi tersebut di sebut kurang layak untuk ditempati karena hanya terbuat dari triplek dengan kaki meja terbuat dari kayu sehingga rawan roboh pada bangunan tersebut, sementara itu jika ratusan orang berada lokasi menyebabkan ruangan terasa panas. Jika dibanding dengan kondisi sebelumnya, suhu ruangan tidak jauh berbeda walaupun tampak di atap seng sudah ditambah bulan-bulanan untuk sirkulasi udara.

Dengan hal ini pemerintah diharapkan untuk meninjau Kembali pasar yang digunakan sebagai tempat relokasi tersebut sehingga persoalan-persoalan yang terjadi pada tempat relokasi dapat teratasi. jika terus tidak di tinjau kembali tempat relokasi tersebut akan menjadi tidak bermanfaat melihat dari potensi tempat tersebut yang sangat strategis yang berada di pinggiran jalan raya. Kemudian, memberikan pemahaman kepada pedagang-pedagang penting dilakukan mengingat tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sehingga bisa membuat jaringan kerjasama sesuai visi dan misi.

Penulis : Lailatul Mafula

Berita terbaru

Berita Menarik Lainnya

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini