4 Obyek Wisata Malinau Layak Anda Kunjungi

Jurnalpost – Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh kabupaten Malinau yang membuat banyak orang berkunjung adalah penggabungan antara keunikan budaya khas mereka dengan alam sekitar. Keunikan ini terlihat jelas dibeberapa desa adat yang ada disana seperti Desa Setulang, Desa Apau Ping, dan Desa Serindit yang terletak di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang Tapi selain itu, ada banyak lagi tempat wisata di kabupaten Malinau yang sangat wajib untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang tidak akan kamu dapatkan ditempat lain.

1. Air terjun Semolon
Air terjun semolon termasuk objek wisata terhits yang memiliki keunikan terpisah karena menjadi sumber air panas terbesar di Kabupaten Malinau. Apalagi air terjun tersebut tidak berbentuk layaknya terjunan kecil, tetapi mengalir ke sungai berbatu yang bentuknya seperti tangga bertingkat-tingkat. Alhasil selalu dikunjungi wisatawan diberbagai daerah untuk objek wisata air panas di Kecamatan Mentarang Desa Paking, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Air terjun Semolon terkenal dengan airnya yang hangat dan bening. Tidak hanya itu, letaknya yang berada didalam hutan menjadikan air terjun panas Semolon memiliki pemandangan yang sangat asri, asli dan indah karena belum terjamah oleh banyak orang.

Menariknya lagi, air panas di air terjun tidak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit loh. Alhasil banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tersebut dengan harapan penyakitnya sembuh, entah mitos atau tradisi tradisi, namun banyak wisatawan yang membuktikan kepercayaan tersebut.

2. Sungai Sentaban
Siapa bilang objek wisata sungai tidak memiliki keunikan yang menjadi daya tarik? Buktinya, sungai Sentaban di Kabupaten Malinau menjadi objek wisata yang dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Sejatinya sungai tersebut terletak di Desa Setulang yang lokasinya tak terlalu jauh dari Pelabuhan Speed maupun Bandar Udara Kol. RA Bessing Malinau.

Sungai Sentaban memiliki aliran air yang jernih dan menyegarkan dengan batuan kecil-kecil di pinggir-pinggir sungai. Banyak wisatawan yang menikmati pemandangan sungai Sentaban ini dengan berdiri pinggir-pinggir sungai ataupun bermain-main air disepanjang pinggir sungai.

3. Air Terjun Martin Billa Malinau Selatan
Air terjun Martin Billa adalah air terjun yang terletak di Malinau Selatan atau sekitar 100 km dari kota Malinau dan menjadi salah satu tempat wisata paling indah yang ada di sekitar Malinau.
Air terjun ini berada didalam hutan tropis dan mulai di kelola oleh pemerintah daerah sejak Martin Billa menjadi bupati di Malinau selama dua periode berturut-turut. Itulah kenapa air terjun ini kemudian dikenal dengan nama air terjun Martin Billa.

Walaupun indah, nyatanya air terjun Martin Billa ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena letaknya yang jauh. Untuk menuju air terjun Martin Billa ini, harus melewati jalan yang berkerikil karena melewati daerah pertambangan batu bara.

4. Desa Wisata Setulang
Dinamakan desa wisata Setulang karena menyuguhkan kebudayaan khas suku dayak kenyah, dengan begitu wisatawan mendapatkan pendidikan kebudayaan Kabupaten Malinau dengan cara yang menyenangkan. Apalagi di sekitar desa memiliki pemandangan yang indah sehingga membuat wisatawan betah berlibur ke desa wisata Setulang, Anda dapat melihat adat atau segala pertunjukan yang berhubungan dengan Malinau, banyak juga rumah adat suku Kenyah yang sudah tua namun selalu dijaga sehingga menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan.

Selain itu pelayanan tak terlalu jauh dari pusat kota Malinau, wisatawan hanya menempuh beberapa jam saja. Dijamin lelah selama perjalanan tergantikan dengan pemandangan yang unik dan edukasi yang lengkap, tentunya sangat bermanfaat untuk anak-anak

Sejatinya, banyak objek wisata di Kabupaten Malinau yang terhits dan harus dikunjungi karena memberikan banyak manfaat untuk wisatawan. Dijamin waktu berlibur Anda semakin seru karena objek wisata bersama anggota keluarga, yang mengatur waktu berlibur agar tidak menganggu kegiatan lainnya.

Penulis : Itau Tri Yulianti
Referensi : https://www.borneos.id/tempat-wisata-malinau

5 Tempat Wisata Di Malinau yang harus kalian kunjungi

Follow us onFollow JurnalPost on Google News Temukan di Google PlayTemukan di Google Play

Rekomendasi untuk anda

Terbaru

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini